Berbuat baik kepada orang lain dapat melenyapkan kesedihan

Berbuat baik kepada orang lain dapat melenyapkan kesedihan

Andaikan engkau diangkat menjadi raja, seluruh penduduk bumi dan semua hamba takluk kepadamu, lalu apa artinya semua itu?

 

Banyak Hadits Rasulullah SAW yang menceritakan kemuliaan wanita dalam anjurannya kepada orang untuk bermurah hati dan berderma, memuji pelakunya, dan tidak mementingkan diri sendiri, dan bahwa kebahagiaan itu dapat diraih dengan berbuat kebajikan kepada teman-teman dan orang-orang yang dicintai. 07 Berbuat baik kepada orang lain dapat melenyapkan kesedihan

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ummul Mukminin ‘Aisyah RA disebutkan bahwa para sahabat menyembelih seekor kambing,

lalu Nabi SAW bertanya: “Apakah yang tersisa darinya?”

‘Aisyah menjawab: “Tiada yang tersisa dari kambing itu, kecuali pahanya.”

Rasulullah bersabda: “Semuanya tersisa (kekal), kecuali pahanya.”

Rasulullah SAW melalui Hadits ini menjelaskan kepada keluarganya bahwa sesuatu yang mereka shadaqahkan , akan kekal pahalanya sampai hari kiamat nanti dan bahwa apa yang tersisa didunia ini, lalu mereka makan, tidak akan mendatangkan manfaat pahala bagi mereka di akhirat nanti. Dalam Hadits ini terkandung isyarat mulia yang menganjurkan untuk bershadaqah demi meraih ridha Allah SWT.

Inilah ‘Asma RA, saudara perempuan ‘Aisyah RA, saat Nabi SAW menasehatinya untuk bershadaqah agar Allah menambah karunia-Nya kepadanya. Asma’ menceritakan bahwa Rasul SAW bersabda kepadanya:

“Janganlah kamu perhitungan, karena kamu akan dibalasi oleh sikapmu itu sendiri.”

Dalam riwayat lain disebutkan:

“Bershadaqah, berderma, atau berkurbanlah kalian dan janganlah kalian perhitungan, karena Allah akan membalas kalian dengan sikap yang sama. Janganlah kalian mengingat-ingat kebaikan kalian, karena Allah akan membalas kalian dengan sikap yang sama pula.”

Dipetik dari buku: Jadilah Wanita yang paling Bahagia”
Karya Dr. ‘Aidh bin ‘Abdullah Al-Qarni”

 

Pencerahan

Selama malam masih diiringi oleh pagi hari, maka kepedihan itu pasti akan lenyap, keadaan kritis pasti akan berlalu, dan kesulitan pasti akan sirna.

Demikianlah penjelasan tentang ”Berbuat baik kepada orang lain dapat melenyapkan kesedihan” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah orang yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Artikel menarik lainnya…

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

[contact-form-7 404 "Not Found"]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *