Syarah ‘Uquudul Lujain (bag.04)

Syarah ‘Uquudul Lujain (bag.04)

KISAH KESABARAN NABI AYUB A.S 

(وَرُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنَّهُ قَالَ: مَنْ صَبَرَ عَلىَ سُوْءِ خُلُقِ امْرَأَتِهِ أَعْطَاهُ
اللهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلَ مَا أَعْطَى أَيُّوْبَ عَلَى بَلاَئِهِ)

Diriwayatkan dari Nabi SAW, Beliau bersabda: Barangsiapa (suami) yang sabar atas sifat buruk dan akhlak buruk isterinya, maka Allah memberikan ganjaran seperti ganjaran kesabaran Nabi Ayub AS atas musibahnya.


فالله
ابتلاه بأربعة أمور: فقْدِ ماله، وولدهِ، وتمزيقِ جسدهِ، وهجْرِ جميعِ
الناس له إلا زوجته،

Allah SWT menguji Nabi Ayub AS dengan empat perkara: Kehilangan hartanya, kehilangan anaknya, penyakit dalam tubuhnya dan dijauhi oleh semua orang kecuali isterinya.
21

gambar ilustrasi


فإنه كان له من أصناف المالِ إبلٌ وبقر وغنم وفِيَلَةٌ
وحُمُرٌ، وكان له خمسمائة فَدَّانٍ يتبعها خمسُمائةِ عبد، لكل عبد امرأةٌ
وولد ومال، وكان معه ثلاثة نفر قد آمنوا به، وكانوا كُهُوْلا، وكا إبليس لا
يحجب عنيء من السموات، فيقف حيثما أراد، فسمع صلاة الملائكة على
أيوب،

Nabi Ayub AS mempunyai banyak harta, ternak unta, sapi, kambing, gajah dan khimar. Beliau juga mempunyai Lima ratus hektar perkebunan yang diurus oleh lima ratus hamba sahayanya, dan setiap abidnya mempunyai isteri dan anak juga harta. Ada tiga golongan atau kaum yang sama-sama beribadah kepada Allah bersamanya. Dan ketika iblis melihat langit dan berdiri ditempatnya, maka ia (iblis) mendengar para malaikat membacakan salam dan memohonkan rahmat kepada Allah bagi Nabi Ayub AS.

فحسده، وقال: “نظرت في عبدك أيوبَ، فوجدته شاكرا حامدا، ألا ولو
ابتليته لرجع عن شكرك وطاعتك”، فقال الله له: “انطلق فقد سلطتُك على
ماله”، فانطلقَ وجميعُ عفاريت الشياطين والجن،

Maka timbullah sifat hasud/dengki iblis kepada Nabi Ayub AS, maka dia menyampaikan permohonan kepada Allah: “Ya robb, aku melihat hamba-Mu Ayub adalah seorang hamba yang bersyukur dan seorang yang terpuji,,,jika Engkau memberi kesempatan padaku untuk mengujinya, apakah Dia (Ayub) akan tetap menjadi hamba yang bersyukur dan taat ?”.
Allah berfirman kepada iblis :“Pergilah, Aku kuasakan harta ayub kepadamu”. Maka pergilah iblis dan seluruh ifrit dan golongan syetan dan jin.

وقال لهم: “قد سلطت على مال
أيوب”، وقال لعفريت منها: “ائت الإبل ورعاتها، فاحرقها”. ثم جاء إبليس إلى
أيوب، فوجده قائما يصلى، فقال له: “أحرقت النار إبلَكَ ورعاتها”، فقال
أيوب: “الحمد لله، هو أعطانيها، وهو آخذها”.

Dan iblis berkata kepada semua balatentaranya, bahwa ia telah dikuasakan oleh Allah untuk menguji Ayub atas hartanya. kemudian iblis memerintahkan kepada ifrit untuk datang pada semua onta-onta Nabi Ayub dan membakarnya. kemudian iblis mendatangi ayub, dan iblis mendapati Ayub sedang sholat. berkatalah iblis pada ayub: “Api telah membakar semua ternak onta-mu.”
Maka ayub menjawab: “Segala puji bagi Allah, Allah yang telah memberikan onta-onta itu padaku, dan kini Dia (Allah) yang mengambilnya kembali.”

ثم فعل مثل ذلك بالغنم
ورعاتها. ثم جاء إلى أيوب، وقال له: “نسفت الريح زرعك”، فحمد الله وأثنى
عليه.

Kemudian iblis melakukan hal yang sama, memusnahkan seluruh ternak Nabi Ayub AS dengan membakarnya, dan memusnahkan seluruh tanaman Nabi Ayub dengan angin, Namun iblis melihat ayub tetap bersyukur dan memuji Allah SWT.

ثم قال إبليس: “سلطني على ولده”، فقال له: “انطلق، قد سلطتك على
ولده”، فذهب إلى ولده، وزلزل بهم القصر، وقلبه عليهم فماتوا جميعا، ثم جاء
إلى أيوب وأخبره بموت ولده، فاستغفر.

Iblis kembali memohon kepada Allah: “Ya robb, kuasakan padaku Anak-anak ayub”, dan Allah mengizinkan, Maka iblis datang pada semua anak-anak Nabi Ayub AS, Dan iblis mengguncangkan bumi tempat tinggal anak-anak nabi ayub dan membalikkan tanahnya, maka meninggallah semua anak-anak Nabi Ayub. Maka iblis mengabari Nabi Ayub kalau anak-anaknya telah meninggal, Kemudian dalam rasa sedihnya Nabi Ayub AS tetap dan selalu beristighfar memohon ampunan pada Allah).

ثم قال: “سلطني على جسده”، فقال:
“سلّطتُك على جسده، غير قلبه ولسانه وعقله”، فذهب إلى أيوب فوجده ساجدا،
فجاء من قبل وجهه، ونفخ في منخريه نفخة اشتعل منها جسده، ووقع فيه حكة،
فحكها بأظفاره حتى سقطت كلها، ثم حكها بالمسوح الخشنة، ثم بالفخار
والحجارة، فلم يزل يحكها حتة تقطع جسده وأنتن، فأخرجه أهل القرية، وجعلوه
على كناسة لهم، وجعلوا له عريشا، وهجره الناس كلهم إلا زوجته المسماة رحمة،
فكانت تخدمه بما يصلحه، وتأتيه بالطعام. وهجره الثلاثة الذين آمنوا ولم
يتركوا دينه

Iblis kembali memohon kepad Allah: “Ya robb , kuasakan padaku jasad ayub”. Allah berfirman: “Aku kuasakan seluruh jasad ayub, kecuali hatinya, lisannya dan akalnya”.
kemudian iblis Datang kepada Nabi Ayub AS, beliau  Dalam sujud, datanglah iblis Dari arah DEPAN Dan meniup PADA Lubang Hidung Nabi Ayub dengan Sekali tiupan, Maka Nabi Ayub merasa badannya Panas Sangat, kemudian merasa gatal Yang teramat Sangat, kemudian ayub menggaruknya dengan kuku tangannya hingga tak tersisa kukunya, kemudian nabi ayub menggaruknya dengan Bahan Pakaian Yang Sangat Kasar, kemudian menggaruknya dengan barang tembikar, kemudian mengaruknya dengan batu, Maka tak henti rasa gatal Dan menggaruknya hingga Jasad / kulit Dan dagingnya berjatuhan Dan mengeluarkan bau Yang tidak sedap. Dalam keadaan demikian Maka kaumnya mengeluarkan Nabi Ayub Dari pemukiman, Dan kaumnya membuatkan gubuk, seluruh manusia menjauhinya kecuali isterinya (Rahmah, nama isteri Nabi Ayub AS). Isteri beliau melayani apa yang jadi kebutuhan Nabi Ayub, ia menyediakan makanan untuk Nabi Ayub, sedangkan tiga golongan yang berimanpun menjauhinya, namun tidak sampai meninggalkan agamanya.
في بيان حقوق الزوجين لمحمد بن عمر بن على نووي البنتني الجاوي شرح عقود اللجين
Syarah ‘Uquudul Lujain dalam menjelaskan hak dan kewajiban suami istri, karangan syeikh Muhammad bin Umar bin Ali Nawawwi Al-Bantani, Al-Jawi
PERLU DIKETAHUI: Artikel ini disediakan untuk kebutuhan internet secara menyeluruh, sedangkan untuk keterangan lebih jelas lagi tentang isi kitab ‘Syarah Uquudul Lujain’ dapat anda ikuti melalui Majelis-majelis terdekat atau tanyakan pada Ulama-ulama yang ada disekitar anda.
Bagian pintas Syarah ‘Uquudul Lujain 
(bag.01) (bag.02(bag.03) (bag.04) (bag.05) (bag.06) (bag.07) (bag.08) (bag.09) (bag.10) (bag.11) (bag.12) (bag.13) (bag.14) (bag.15) (bag.16) (bag.17) (bag.18) (bag.19) (bag.20) (bag.21) (bag.22) (bag.23) (bag.24) (bag.25) (bag.26) (bag.27) (bag.28) (bag.29) (bag.30) (bag.31) (bag.32) (bag.33)

Wallahu a’lam

kisah lengkapnya dapat dibaca dalam kitab badai’u zuhuur, akhir kisah syetan tidak mampu menggoda dan menjauhkan Nabi Ayub dari Allah dengan segala tipu dan usahanya, akhirnya Allah mengembalikan kesembuhan atas jasadnya, serta mengembalikan anak-anaknya yang telah wafat serta mengembalikan seluruh harta nabi ayub AS yang dimusnahkan syetan. Dengan selamatnya nabi Ayub dari godaan syetan maka Nabi Ayub AS diberi pangkat “hamba yang paling sabar” dan masuk jajaran “ULUL AZMI”.

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *