Kelak anda akan menyesuaikan diri dengan kondisi anda

Kelak anda akan menyesuaikan diri dengan kondisi anda

Sungguh aneh teman-teman dekat di setiap negri! Bila tuntutanku makin bertambah besar, sedikit yang mau menolong.

 

Saya mengenal seorang lelaki yang kakinya harus di amputasi dalam operasi yang dijalaninya dan saya datang menjenguknya. Dia adalah seorang yang berakal lagi alim dan saya bertekad untuk mengatakan kepadanya: Kelak anda akan menyesuaikan diri dengan kondisi anda

“Sesungguhnya umat tidak mengharapkan anda menjadi seorang pelari hebat dan tidak pula menjadi seorang petarung yang tak terkalahkan, tetapi mereka mengharapkan dari anda pendapat yang jitu dan pemikiran anda yang cemerlang yang alhamdulillah masih anda miliki sampai sekarang.”

 

   Ketika saya datang menjenguknya, ia berkata kepadaku:

“Segala puji bagi Allah. Sesungguhnya kakiku ini telah menemaniku selama puluhan tahun dengan baik dan menemani agamaku dalam keadaan terpelihara sehingga hatiku puas.”

Salah seorang yang bijak telah mengatakan:

  “Sesungguhnya ketenangan hati tidak dapat diraih, kecuali dengan pasrah kepada prediksi yang paling buruk. Adapun faidah yang dapat dipetik dari perasaan ini ditinjau dari aspek psikologisnya ialah bahwa perasaan pasrah dapat membebaskan semangat dari belenggu yang membebaninya.”

Selanjutnya, ia mengatakan:

“Sekalipun demikian, terdapat ribuan orang manusia yang menghancurkan kehidupan mereka dengan kemarahan yang membakar diri mereka sendiri. Demikian itu karena mereka tidak mau menerima realita yang pahit dan menolak untuk menyelamatkan apa yang dapat mereka selamatkan. Mereka bukan berupaya membangun kembali cita-cita mereka yang baru, melainkan justru mereka mengingat-ingat kembali masa lalu yang penuh dengan kepahitan dan menjerumuskan dirinya sendiri ke dalam kecemasan yang tiada gunanya sama sekali.”

Sesungguhnya menyesali kegagalan yang terjadi di masa lalu dan tangisan memilukan terhadap penderitaan dan kekalahan yang terjadi di dalamnya, menurut pandangan Islam, merupakan salah satu fenomena kakafiran kepada Allah dan penyesalan terhadap taqdir-Nya.

Pencerahan

Frustasi adalah musuh bebuyutan anda.
Ia mampu menghancurkan ketenangan anda.

 

Dipetik dari buku: “Jadilah Wanita yang paling Bahagia
” Karya “Dr. ‘Aidh bin ‘Abdullah Al-Qarni

Demikianlah penjelasan tentang ”Kelak anda akan menyesuaikan diri dengan kondisi anda” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah orang yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Artikel menarik lainnya…

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *