Apabila semua jalan telah buntu

Apabila semua jalan telah buntu, anda harus minta tolong kepada Tuhan Yang Maha Mengetahui semua yang ghaib

Apabila semua jalan terasa buntu oleh anda, maka pikirkanlah janji yang ada dalam Alam Nasyrah (surat Al-Insyirah)

Ibnul Juzi telah mengatakan sebagai berikut:

“Pernah suatu perkara membuatku terasa sempit hingga aku dirundung oleh kecemasan yang tiada hentinya. Aku kerahkan semua kemampuan berpikirku untuk mengusir kesedihan ini dengan semua cara dan semua sarana yang ku mempui. Akan tetapi, aku tidak melihat adanya jalan untuk membebaskan diriku darinya. Akupun teringat akan firman-Nya yang mengatakan:

“Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” (QS.65:2) 

Akhirnya, aku menyadari bahwa hanya taqwalah yang dapat membebaskan diriku dari segala kesusahan. Tidak lama kemudian, begitu aku mulai merealisasikan taqwa, ternyata aku menemukan jalan keluar.”

Menurut hemat saya, taqwa menurut orang-orang yang berakal merupakan penyebab segala kebaikan. Tidaklah sekali-kali terjadi siksaan, melainkan karena dosa, dan tidaklah sekali-kali siksaan dihilangkan, melainkan karena tobat. Kekeruhan, kesedihan dan kesengsaraan, tiada lain merupakan balasan dari berbagai perbuatan yang telah kulakukan, seperti sembrono dalam mengerjakan shalat, mengumpat wanita muslimah, meremehkan hijab, atau melakukan hal yang diharamkan.

Sesungguhnya orang yang melanggar manhaj Allah harus membayar harga kesembronoannya dan menutupi nota kealpaannya. Yang menciptakan kebahagiaan adalah Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang, maka mengapa anda mencari kebahagiaan dari selain-Nya? Seandainya manusia memiliki kebahagiaan, tentulah tiada seorang pun di muka bumi ini yang hidup miskin, sedih atau gelisah.

Pencerahan

Jauhkahlah pikiran anda dari semua yang rendah lagi tiada harapan bagi keberadaannya. Pusatkanlah pikiran anda pada kesuksesan, niscaya anda tidak akan ragu dalam melangkah.

 

Dipetik dari buku: “Jadilah Wanita yang paling Bahagia”
Karya : Dr. ‘Aidh bin ‘Abdullah Al-Qarni

Demikianlah penjelasan tentang ”Apabila semua jalan telah buntu” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah orang yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Artikel menarik lainnya…

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *