Tips Menjaga Telinga Tetap Sehat

Tips Menjaga Telinga Tetap Sehat

Tips Menjaga Telinga. Telinga menjadi salah satu indera yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia. Tanpa keberadaan indera tersebut, maka secara otomatis mengakibatkan seseorang menjadi bisu. Dikarenakan tidak ada suara yang mereka tangkap atau dengar. Seperti yang sudah kita ketahui, Telinga memiliki berbagai susunan yang mana memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti daun telinga yang memiliki fungsi mengarahkan suara ke lubang telinga yang akan di teruskan ke bagian dalam telinga yang akan dikirimkan ke otak. Sehingga otak dapat menerjemahkan berbagai suara tersebut. Untuk itulah, penting kiranya tips untuk menjaga telinga tetap sehat. Lalu, apa saja tips menjaga telinga tetap sehat…??? Tips Menjaga Telinga Tetap Sehat

Tak adil rasanya, kita mengabaikan kesehatan indera telinga tersebut. Padahal, indera telinga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tanpa anda sadari, kebiasaan dan aktivitas sehari-hari justru membuat berkurangnya kemampuan menangkap berbagai suara yang masuk ke indera pendengaran. Berikut tips menjaga telinga tetap sehat :

  • Hindari Kebisingan Parah. Usahakan untuk menghindari berbagai suara yang memiliki tingkat kebisingan yang terlalu tinggi. Suara-suara yang terlampaui tinggi tersebut seperti suara gergaji mesin, suara musik yang terlalu keras dan lain-lain.
  • Jaga Volume Suara Ke Telinga. Usahakan untuk merubah berbagai kebiasaan yang dapat mengurangi kemampuan mendengar anda. Seperti suka mendengarkan musik dengan headset atau mengeraskan volume suara musik ke level maksimal.
  • Menuju Ke Tempat Yang Tenang. Usahakan untuk tidak berlama-lama berada di sebuah tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang terlampaui tinggi. Dalam hal ini, segeralah berpindah dari tempat-tempat yang memekakkan telinga anda tersebut.
  • Gunakan Penyumbat Telinga. Jika anda harus berada di suatu tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi, maka ada baiknya menggunakan penyumbat telinga yang dapat mengurangi kerasnya suara yang masuk ke lubang telinga.
  • Jauhi Rokok. Ada fakta unik yaitu terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dengan penurunan daya dengar seseorang. Dalam hal ini, jika seseorang memiliki kebiasaan merokok, maka indera pendengarannya akan mengalami penurunan pula dari waktu ke waktu.
  • Hindari Kebiasaan Buruk Pada Telinga. Mulai sekarang, jangan membersihkan bagian dalam telinga dengan kapas. Ini dikarenakan, akan malah mendorong lapisan lilin yang berada di lubang telinga masuk lebih dalam dan menyumbat lubang telinga anda. Sehingga mempengaruhi kemampuan mendengar seseorang.

Demikianlah ”Tips Menjaga Telinga Tetap Sehat” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jagalah kesehatan anda dengan baik, mari jadikan segalanya lebih baik lagi dan jadilah manusia yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Tentang kesehatan lainnya…
Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh
Kunci Hidup Sehat Yang Mudah Dan Murah
Manfaat Lemak Bagi Kesehatan Tubuh
Makanan Penyebab Sakit Jantung
Solusi Sehat Bagi Yang Hidup Di Kota Besar
Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Musik Bagi Kesehatan Anda
Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak
Menjaga Pencernaan Tetap Sehat
Tips Terhindar Kanker Dari Radiasi Ponsel

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *