Yang Pandai dan yang Bodoh dalam Fatwa

Yang Pandai dan yang Bodoh dalam Fatwa

Yang rakus berfatwa akan memperoleh sedikit taufiq Allah
Yang Pandai dan yang Bodoh dalam Fatwa

Ibnu ‘Uyainah menyatakan,”Manusia yang paling pandai dalam fatwa adalah mereka yang paling banyak menahan untuk berfatwa. Dan manusia yang paling bodoh dalam berfatwa adalah yang paling mudah berfatwa.”

Khatib Al Baghdadi menjelaskan pernyataan Ibnu Uyainah tersebut, bahwa siapa yang rakus dalam berfatwa maka sedikit taufiq. Sedangkan siapa yang tidak suka diminta fatwa dan fatwa bukan pilihannya maka pertolongan dari Allah lebih banyak diperoleh jika ia berfatwa.

Merujuk kepada sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kepada Abdurrahman bin Samurah yang diriwayatkan Imam Al Bukhari, ”Jika engkau diberi kekuasaan tanpa meminta, maka engkau akan ditolong atasnya.”
(Al Faqih wa Al Muatafaqqih, 2/351).

Demikianlah penjelasan tentang ”Yang Pandai dan yang Bodoh dalam Fatwa” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah orang yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Artikel menarik lainnya…
Kurangi marah agar lebih sehat
Menghitung harga nafas kita
Jantung, Mahakarya Sang Pemurah
Kelahiran alam semesta dalam Al-Qur’an
Rahasia cinta dibalik sungut nyamuk
Menghitung nikmat rambut
Malaikat maut pun menunggu shalatnya ulama
Pencari ilmu pemula dan yang expert
Muhasabah Imam Abu Yusuf Sebelum Wafat
Tips Deteksi Kesombongan

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *