Pencari Ilmu Pemula dan yang Expert

Pencari Ilmu Pemula dan yang Expert

Imam Al Mawardi menerangkan perbedaan ciri-ciri antara para pemula dalam mencari ilmu dengan mereka yang memang berilmu

Pencari Ilmu Pemula dan yang Expert

Imam As Sya’bi menyatakan,”Ilmu memiliki tiga syibr (satuan panjang Arab klasik yang berpedoman kapada jarak antara ibu jari dan jari kelingking). Barangsiapa memperoleh satu syibr ia mulai besar kepala (sombong) dan mengira bahwa ia telah memperoleh ilmu. Barangsiapa masuk ke syibr yang kedua maka jiwanya menjadi kerdil di hadapan ilmu, dan dia tahu bahwa ia belum memperolehnya. Adapun syibr yang ketiga haihata,tidak seorang pun memperolehnya.”

Dari pernyataan Imam As Sya`bi tersebut, Imam Al Mawardi Rahimahullah Ta’ala menyampaikan perbedaan antara pencari ilmu pemula dan pencari ilmu sejati. Pencari ilmu pemula belum mengetahui batapa luasnya ilmu, hingga mereka bangga dengan pencapainnya dan merasa sudah berilmu. Sedangkan mereka yang banyak memperoleh ilmu semakin sadar akan luasnya ilmu dan merasa tidak mampu untuk meraihnya. Hal itulah yang mencegah mereka dari membangga-banggakan ilmu.

(lihat, Adab Ad Dunya wa Ad Din, hal. 81)

Demikianlah penjelasan tentang ”Pencari Ilmu Pemula dan yang Expert” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah orang yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Artikel menarik lainnya…
Amal baik membahagiakan
Rupa guna air seni manusia
Angop, Mahakarya luar biasa
Kurangi marah agar lebih sehat
Menghitung harga nafas kita
Jantung, Mahakarya Sang Pemurah
Kelahiran alam semesta dalam Al-Qur’an
Rahasia cinta dibalik sungut nyamuk
Menghitung nikmat rambut
Malaikat maut pun menunggu shalatnya ulama

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *