Muhasabah Imam Abu Yusuf Sebelum Wafat

Muhasabah Imam Abu Yusuf Sebelum Wafat

Meskipun tidak mempengaruhi hasil pengadilan, kecenderungan seorang hakim kepada salah satu pihak dinilai sebagai kecacatan.

Muhasabah Imam Abu Yusuf Sebelum Wafat

IMAM ABU YUSUF yang merupakan murid Imam Abu Hanifah merupakan hakim di masa kekuasaan Harun Ar Rasyid. Satu saat beliau pernah mengadili kasus perselisihan antara Harun Ar Rasyid dengan seorang nasrani dan beliau memenangkan si nasrani.

Dan menjelang wafat, Imam Abu Yusuf menyampaikan,”Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa aku menjabat urusan ini aku tidak condong kepada salah satu dari dua pihak yang berselisih meskipun di dalam hati, kecuali dalam kasus perselisihan antara nasrani dan Ar Rasyid, kecenderungan dalam hatiku tidak sama. Yakni hatiku mengharap agar kebenaran berpihak kepada Ar Rasyid, sedangkan aku telah memenangkan nasrani atas Ar Rasyid.” Kemudian beliau menangis. (Ad Dur Al Mukhar, 4/313)

Kecenderungan hati seorang hakim terhadap salah satu dari dua pihak yang berselisih sudah dianggap oleh Imam Abu Yusuf sebagai kecacatan, meskipun dalam praktiknya kecenderungan itu tidak mempengaruhi hasil pengadilan. Dan dalam hal ini, Imam Abu Yusuf hanya mengalami sekali saja dalam kasus-kasus yang pernah beliau tangani. Semoga hakim-hakim saat ini bisa mengambil tauladan dari Imam Abu Yusuf.

Demikianlah penjelasan tentang ”Muhasabah Imam Abu Yusuf Sebelum Wafat” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah orang yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Artikel menarik lainnya…
Amal baik membahagiakan
Rupa guna air seni manusia
Angop, Mahakarya luar biasa
Kurangi marah agar lebih sehat
Menghitung harga nafas kita
Jantung, Mahakarya Sang Pemurah
Kelahiran alam semesta dalam Al-Qur’an
Rahasia cinta dibalik sungut nyamuk
Menghitung nikmat rambut
Malaikat maut pun menunggu shalatnya ulama
Pencari ilmu pemula dan yang expert

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *