Ketika Zaman Sudah Berbicara kepada Penguasa

Ketika Zaman Sudah Berbicara kepada Penguasa

Penguasa perlu waspadai doa orang yang terdzalimi.

Ketika Zaman Sudah Berbicara kepada Penguasa

Yahya Bin Khalid Al-Barmaki sebelumnya amat dekat dengan Harun Ar Rasyid, karena istrinya merupakan ibu sepersusuan Ar Rasyid. Penghormatan Ar Rasyid kepada Yahya pun sangat besar, hingga diangkatlah ia menjadi menteri dan selalu diajak berunding untuk memutuskan perkara-perkara besar. Para putra Yahya sendiri diangkat menjadi gubernur di beberapa wilayah.

Namun keadaan berbalik setelah ada perselisihan antara Yahya dengan Ar Rasyid, karena dinilai keluarga Yahya terlalu banyak mencampuri urusan istana. Hingga Yahya dan para putranya dikurung dalam penjara.

Saat sama-sama tinggal di penjara, Jakfar putra Yahya berbicara kepadanya ayahnya,  ”Wahai ayah, setelah kita bebas melarang dan memerintah serta memiliki banyak harta, kini kita sepanjang masa berada dalam belenggu dan penjara.”

Maka, ayahnya menjawab,”Wahai anakku, bisa saja ini karena doa orang yang terdzalimi. Dimana kita tidak menghiraukannya namun Allah tidak pernah membiarkannya.”

Kemudian Yahya pun bersyair,”Kadang kaum pada awalnya dalam kenikmatan. Masa-masa dipenuhi dengan kekenyangan air melimpah. Sedangkan zaman mendiamkannya sementara. Tatkala zaman berbicara mereka pun menangis darah.”

(Tarikh Al Baghdad, 14/128, 132)

Demikianlah penjelasan tentang ”Ketika Zaman Sudah Berbicara kepada Penguasa” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah orang yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Artikel menarik lainnya…
Rahasia cinta dibalik sungut nyamuk
Menghitung nikmat rambut
Malaikat maut pun menunggu shalatnya ulama
Pencari ilmu pemula dan yang expert
Muhasabah Imam Abu Yusuf Sebelum Wafat
Tips Deteksi Kesombongan
Yang Pandai dan yang Bodoh dalam Fatwa
Menghafal Delapan Bait di Hari Kematian
Hadapi Masalah dengan Beristighfar
Takdir Allah Tak Akan Terkalahkan

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *