Ruh Baik, Jasad Jahat?

Ruh Baik, Jasad Jahat?

   Telah kita ketahui bahwa setiap manusia memiliki ruh di dalam jiwanya. Ruh tersebut diberikan oleh Allah SWT ketika kita akan terlahir ke dunia. Dan ruh tersebutlah yang nantinya akan terpisah dengan jasad kita, ketika kita telah kembali kepada-Nya.

Terkadang seseorang sering tertukar antara ruh dan nafsu. Nafsu yang dikenal biasanya berbentuk ke arah hal-hal yang tidak baik untuk dilakukan. Dan ruh itu sendiri sebagai tempat berdiamnya nafsu. Benarkah demikian? Lalu, apa beda ruh dan nafsu?

Jika timbul pertanyaan tentang perbedaan antara sesuatu, kita harus mengetahui tentang sesuatu itu. Banyak orang berbeda pendapat tentang pengertian ruh dan nafsu. Ada yang berpendapat keduanya sama, ruh itu nafsu, nafsu itu ruh.

Ruh Baik Jasad Jahat

Tetapi mustahil bagi manusia untuk mengetahui masalah ruh, karena Allah SWT berfirman, “Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah, ruh itu termasuk urusan Rabb-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit,” (QS. Al-Isra’: 85).

Pengetahuan tentang ruh mutlak dan khusus urusan Allah, dan manusia tidak diberi ilmu pengetahuan tentang ruh. Dalam al-Quran surah Yasiin ayat 82 Allah berfirman, “Sesungguhnya keadaan-Nya adalah Dia mengehendaki sesuatu hanyalah berkata, ‘Jadilah,’ jadilah ia,”

Apakah ruh itu sesuatu benda yang masuk dan hidup salam tubuh manusia? Apakah ia menempati bagian tertentu dalam tubuh manusia?

Mengenai masuknya ruh ke dalam tubuh manusia dijelaskan dengan firman-Nya,

“Sekali-kali jangan (terlalu mencintai kehidupan dunia). Apabila napas (seseorang) telah mendesak sampai ke kerongkongan dan dikatakan kepadanya, siapakah yang menyembuhkannya?” (QS. Al-Qiyamah: 26-27).

Mampukah manusia mengenali ruh dengan penemuan melalui riset dan penelitian? Jawabnya tentu tidak!

Ada lima macam nafsu yang tercantum di dalam al-Quran yaitu:

  1. Ammarah bissu, yang selalu mendorong kepada pelanggaran dan kejahatan.

  2. Lawwamah, yang mengingatkan, menggugah, mengoreksi dan menyalahkan perbuatan buruk.

  3. Muthmainnah, yang tenang dan tenteram.

  4. Radhiyah, yang selalu ridha dan puas.

  5. Mardhiyah, yang memperoleh keridhaan Allah.

Nafsu-nafsu amarah, lawwamah dan muthmainnah berkaitan dengan ajaran Allah dalam kehidupan dunia. Sedangkanradhiyah dan mardhiyah berkaitan dengan kehidupan di akhirat. Jadi, fisik atau jasad manusia tidak berdiri sendiri dalam mengemban tugas perintah dan larangan-Nya, tetapi ditentukan pula oleh faktor nafsu. Dia juga tidak punya pilihan. Dia diciptakan untuk patuh, taat dan selalu penurut. Embrio dalam kandungan sebelum datangnya ruh, begitu pula ruh sebelum menyentuh tubuh, selalu bersyukur, beriman dan tunduk kepada Allah. Jadi, nafsu adalah gabungan ruh dan jasad.

Salah dan keliru sekali bila ada yang berkata, “Ruhnya baik hanya jasadnya yang jahat.”

Tidak ada ruh yang baik dan ruh yang jahat, atau jasad (fisik) yang baik dan buruk. Bila ruh bergabung dengan jasad, itulah nafsu dan lahirlah kehidupan yang diliputi kebaikan dan keburukan. Jasad tidak dapat hidup tanpa ruh, dan ruh tidak akan tampak kecuali dalam jasad.

Nafsu yang tunduk patuh kepada ajaran dan bimbingan Allah Yang Maha Pencipta, itulah nafsu muthmainnah. Nafsu yang sesekali patuh, sesekali melanggar dan menentang, kemudian sadar lagi dan menyesal, bertaubat dan kembali kepada tuntunan dan ajaran Allah, itulah nafsu lawwamah.

Pada dasarnya setiap nafsu bersifat ammarah bissu, terutama mereka yang membangkang dan menentang petunjuk dan jaran Allah SWT.

Adanya pengertian bahwa ruh pada dasarnya selalu baik dan jasad pada dasarnya selalu buruk adalah pemahaman yang salah. Baik dan buruknya, yaitu gabungan ruh dan jasad.

Ini dapat diumpmakan dengan lampu dan listrik. Badan ibarat lampu dan ruh ibarat listrik yang menyebabkan lampu menyala. Bila lampu pecah, tidak akan ada nyala listrik.

Begitu pula jika jasad manusia dirusak (terpotong-potong misalnya), jasad itu tidak akan mampu menampung fungsinya ruh dan itu dinamakan mati karena pembunuhan atau penganiayaan.

Berbeda antara mati akibat pembunuhan dengan mati yang wajar. Karena mati secara wajar ialah berpisahnya ruh dengan jasad tanpa merusak jasad.

Demikian pemahaman tentang ”Ruh Baik, Jasad Jahat?” semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jadilah manusia yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.
Artikel terkait…
Hakikat Malaikat
Iblis tidak berdaya dihadapan orang yang ikhlas
Cara iblis menggoda
Iblis dibantu oleh 70.000 anak-anaknya
Iblis lebih takut kepada orang yang berilmu
Iblis yang mengaku sebagai Tuhan
Bentuk asli malaikat Jibril
Anak iblis paling berbahaya
Jin lebih bodoh daripada Manusia
Mencoba melepas belenggu setan pada tubuh
Image Photo Video Event Media Home
KISAH Banyak kisah-kisah menarik yang terlewati begitu saja tanpa kita ketahui apa dan bagaimana sejarah itu berasal, legenda masa silam yang dulu pernah kita dengar, mungkin salah satunya masih dapat anda ikuti disini.

Lanjutkan membaca…
BAHAYA NARKOBA Pengertian tentang Narkoba itu memang perlu, tujuannya agar generasi muda kita tak terjebak dalam lingkaran berbahaya ini, kita di tuntut memberi penjelasan tentang bahaya Narkoba yang mengancam teman-teman kita, anak-anak kita, saudara-saudara kita dan keluarga kita. Untuk lebih jelas lagi tentang bahaya Narkoba, mari kita lihat disini.

Lanjutkan membaca…
INDUSTRI LOGAM – Tegal merupakan salah satu kota industri yang mampu bersaing dengan kota-kota besar lainnya, meskipun kota ini kecil tapi memiliki hasil karyanya yang sangat hebat. Hampir sebagian besar produksi dalam negri itu berasal dari Tegal, apa saja karya terbaik anak negri ini. Yuk kita tengok saja halamannya disini.
Lanjutkan membaca…
PINTU HIDAYAH – Setiap orang memiliki jalan cerita sendiri, baik cerita masa lalu yang kelam atau jalan hidup yang gelap. Namun pintu hidayah akan selalu ada bila kita menyadari arti hidup yang sebenarnya, berikut adalah beberapa kisah menarik yang dapat anda simak tentang orang-orang yang mendapat hidayah. Mari kita buka pintu hidayah itu.
Lanjutkan membaca…
APLIKASI – Apabila anda pengguna jejaring sosial facebook, mungkin pernah lihat beberapa teman yang bisa update melalui berbagai macam aplikasi, salah satu contohnya “Melalui BlackBerry” atau yang lainnya, Nah…untuk bisa seperti itu anda tak perlu repot membeli barang yang mahal, karena saya punya caranya buat anda. Yuk kita menuju halaman itu…

Lanjutkan membaca…
TIPS dan  TRIK Anda yang masih kebingungan mencari solusi permasalahan yang anda alami, semoga cepat teratasi dengan baik, atau jika anda masih bingung karena tak ada yang mengerti tentang anda, mari kita tengok ke halaman ini, mungkinkah ada cara terbaik untuk anda jalani di halaman ini.

Lanjutkan membaca…
TENTANG ANAK Taukah anda permasalahan tentang anak, jangan anggap gampang karakter anak yang terkadang juga mengalami stress, anda harus tau solusinya, anda tak boleh sembarangan cara menanganinya. Nah, jika anda belum mengerti, mari saya ajak anda mengunjungi halaman yang mengulas tentang anak disini.
Lanjutkan membaca…
KESEHATAN – “Sehat adalah hal yang paling utama dalam hidup ini, maka jagalah kesehatan anda sebaik-baiknya, untuk melihat perkembangan dunia kesehatan anda bisa mengikuti beberapa artikel yang mengulas tentang dunia kesehatan yang ada disini, Yuk kita langsung ke TKP.

Lanjutkan membaca…
TENTANG WANITA – Berbahagia dan bergembiralah anda dengan datangnya kemudahan yang dekat waktunya, pemeliharaan dari Allah, pahala yang besar dan terhapusnya dosa. Pemudi yang menempuh jalan yang haq, dan mengemban misi kebenaran. Jadilah wanita yang paling bahagia.
Lanjutkan membaca…
TEMPAT WISATA Bersyukurlah kita pada Tuhan Sang Pencipta Alam ini, yang menciptakan pemandangan begitu indah dibumi yang kita singgahi, lihatlah tempat-tempat wisata yang memanjakan mata kita, meskipun kita belum pernah keliling dunia untuk melihat semuanya, tetapi kita dapat melihat sebagian kebesaran Tuhan yang terbaca lewat alam raya ini.

Lanjutkan membaca…
RELIGI – Seseorang yang berjiwa religius memang sangat tentram dalam menjalani hidupnya, hal ini terjadi karena orang tersebut sangat kuat imannya. Begitu juga dengan kisah-kisah menarik yang bisa dijadikan pelajaran untuk kita, yaitu kisah religi yang sangat menyentuh dan menggetarkan hati. Yuk mari kita ikuti kisah mereka disini. Lanjutkan membaca…
MITOS – Terkadang kita memang tak percaya tentang sesuatu yang tak kasat mata, apalagi hal itu tak pernah kita lihat sama sekali. Namun kita harus percaya bahwa Tuhan menciptakan mahluk hidup bukan hanya yang berwujud manusia saja, ada juga mahluk Tuhan yang memang tak kasat mata, apa dan bagaimanakah penampakannya. Mari kita jelaskan disini.

Lanjutkan membaca…

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *