Pesona Ummi Kulsum

Pesona Ummi Kulsum

 Puteri Panggung itu Bernama Ummi Kulsum

  Sebuah pernyataan klasik, bahwa “Orang Arab akan berbeda pendapat dalam segala hal, tetapi tidak dalam satu soal Ummi Kulsum”, nampaknya telah menjadi aksioma di Tanah Arab ini. Lihat saja sejarah, betapa orang-orang Arab beserta para pemimpinnya, tidak pernah kompak menghadapi Israel dan AS. Mereka tak satu suara menyikapi persoalan Palestina. Belum lagi perang dingin ‘Sunni-Syiah’, antara kaum agamawan Mesir dan Iran yang masih nampak hingga sekarang. Tetapi dalam soal Ummi Kulsum, semuanya mengatakan hal yang sama ; Ia adalah penyanyi kesohor asal Mesir, yang belum ada duanya hingga saat ini.

Mendiang Ummi Kulsum tidak akan pernah tahu bahwa banyak orang Indonesia sangat mengenal suaranya. Bahkan, di sebagian pesantren, lagu-lagunya acap dinyanyikan secara rutin. Ummi Kulsum adalah diva lagu-lagu Arab. Anda yang akrab dengan lagu-lagu Arab Padang Pasir, tentu akan tahu – atau setidaknya pernah mendengar – lengkingan suara khas Ummi Kulsum. Dalam penilaian orang Arab, suara emas Kulsum dianggap menyimpan alkamal wal jamal ; kesempurnaan dan kecantikan sekaligus. Ummi Kulsum sudah dianggap sebagai maskot kebanggaan warga Arab keseluruhan, yang tersebar di 20 negara Timur Tengah, tak lagi Mesir sendiri. Dengan kata lain, Ummi Kulsum telah menjadi legenda orang Arab yang tiada duanya. Hingga zaman ini

Tiga Februari 2004 lalu, sebagian orang Arab dan tentu juga Mesir, memperingati haul atau peristiwa kematian Ummi Kulsum yang ke-29 (Sekarang ke 40 tahun). Beberapa koran Kairo yang terbit di sekitar hari itu, menyediakan ruangan khusus berisi ulasan tentang kehidupan dan perjalanan karir sang artis. Mingguan kesukaan saya, Rouz el Youssef, menyajikan tulisan dua halaman tentang Ummi Kulsum dalam rubrik Pembesar-Pembesar Mesir. Menurut koran-koran itu, ternyata peringatan kematian Ummi Kulsum, tidak hanya dilakukan oleh orang-orang Mesir, tetapi juga orang-orang Arab di negara lain. Seperti dilakukan oleh Departemen Kebudayaan Tunisia, yang mengadakan acara peringatan haul Ummi Kulsum pada akhir dekade 1970-an. Dalam sebuah kesempatan haul, Pemerintah Mesir pernah mencetak 1,5 juta perangko bergambar Ummi Kulsum. Begitu juga di Uni Emirat Arab, yang pernah memasang gambar Kulsum di salah satu perangko resmi dan uang kertasnya.

Ummi Kulsum meninggal pada 3 Februari 1975. Hingga kini, makamnya di daerah Ismailiyyah, Mesir, selalu ramai dikunjungi orang. Konon, kala kematiannya 40 tahun lalu itu, ratusan ribu – atau mungkin jutaan – orang Mesir turun ke jalan. Bukan untuk demo, melainkan wujud duka cita yang tiada terkira. Sekedar ilustrasi, barangkali tak beda dengan respon publik Indonesia terhadap kematian Ibu Tien Suharto, di hari lebaran Idul Adha 18 tahun lalu. Bedanya, sebagian orang kita turun ke jalan, melakukan tahlil dan doa bersama, karena tak lepas dari iklim feodalistik ala rezim Orde Baru. Karena almarhumah adalah isteri orang terkuat kala itu, Soeharto. Sedangkan tangis orang Mesir atas kepergian Ummi Kulsum, benar-benar tangisan tulus, ekspresi kecintaan pada sang legendaris. Tidak karena prinsip ABS (asal bapak senang), atau karena motivasi politik lain.

Ummi Kulsum dilahirkan pada tanggal 4 Mei tahun 1904, di Thama Zuhairah,sebuah desa di daerah Ismailiyah, 140 km utara Kairo. Sejak kecil ia memang dibesarkan dalam lingkungan keluarga peminat seni suara. Ayahnya, Syekh Ibrahim, adalah seorang petani kapas dan juga qari yang terkenal di kampungnya.

Satu hari sebelum isterinya melahirkan – kala itu, hari-hari terakhir Ramadhan- Ibrahim bermimpi melihat seorang wanita berbaju putih menyalaminya. “Siapa Kamu?” tanya Ibrahim. “Saya Ummi Kulsum”, jawab si wanita itu. Nah, atas dasar mimpinya itulah, Ibrahim dengan mantap, menamakan puterinya yang lahir keesokan harinya itu dengan nama Ummi Kulsum. Sejak hari itu pula Ibrahim begitu yakin dengan firasat bahwa puterinya akan memiliki keistimewaan khusus yang dikaruniakan Allah.

Bersama saudara kandungnya, Khalid, Kulsum kecil diajari seni tilawah Al Quran, langsung oleh ayahnya. Juga bagaimana mengembangkan bakat di bidang musik, pelajaran baca-tulis, hingga soal etika menyanyi di panggung. Teori-teori bagaimana sikap seorang artis kala penontonnya riuh bertepuk tangan, menyanyi pakai teks, hingga bagaimana mengatur pandangan mata ke penonton, rupanya telah membekas kuat dalam diri Kulsum kecil. Menurut catatan sejarah, pada masa-masa itu, belum banyak keluarga Mesir – apalagi di daerah pedesaan – yang secara serius bisa mengajarkan anak gadisnya dunia tilawah, baca tulis, syair-syair Arab, hingga etika menyanyi.

Bakat menyanyi rupanya telah melekat kuat pada pribadi Kulsum kecil. Saat usia belasan tahun, ia sudah terbiasa manggung di acara-acara panggung rakyat pedesaan, di sekitar kota Ismailiyah. Tahun 1918, ia diundang menyanyi di kota Zaqaziq, 81 km dari Ismailiyyah, dalam acara pesta di sebuah keluarga pembesar. Tahun 1920, Kulsum muda sudah mulai diundang menyanyi hingga ke Kairo.

Begitulah, selama rentang dekade 1920-an, Kulsum muda menjadi puteri panggung. Tetapi tentunya tidak sama dengan Inul Daratista atau Uut Permatasari yang memang punya lagu berjudul “Puteri Panggung”. Nama Kulsum semakin dikenal orang, seiring dengan frekuensi manggungnya yang meninggi. Ia mulai sibuk melayani permintaan menyanyi di berbagai kota di Mesir. Diantara panggung bersejarah yang mengangkat namanya hingga terkenal seantero Mesir adalah pada saat menyanyi di acara pembukaan radio pemerintah Mesir pada tanggal 27 Januari 1935. Sejak saat itu pula, Ummi Kulsum menjadi artis penyanyi yang suaranya tidak hanya didengar orang Mesir, tetapi juga negara-negara Arab lain.

Ummi Kulsum juga kerap diundang menyanyi oleh para penguasa Mesir, sedari Raja Farouk, Presiden Gamal Abdul Nasser hingga Anwar Sadat. Bahkan, kala Mesir kalah perang atas Israel di tahun 1967, Ummi Kulsum diminta tampil ke publik secara khusus, untuk menghibur para prajurit. Ia mendendangkan lagu-lagu perjuangan, pendorong semangat juang dan percaya diri bangsa Mesir untuk mengusir Israel dari Semenanjung Sinai. Kulsum juga keliling dunia Arab, berangkat ke Libya, Tunisia, Maroko, Sudan, dan Lebanon ; hanya untuk menyanyi dan membawa misi kampanye dukungan bagi perjuangan Mesir. Hingga akhirnya, Mesir mampu mengusir Israel dari Sinai pada pertempuran 6 Oktober 1973 yang terkenal itu.

Kini, setelah 40 tahun kepergiannya, kaset-kaset lagu Ummi Kulsum tetap menjadi best seller di berbagai negara Arab, especially in Egypt. Hingga akhir hayatnya, 280 judul lagu ia lantunkan. Alf leila We Leila, Ana Fintezarak, Fakarouni, Leilet Hob, Enta Omri dan Lessa Faker, adalah diantara judul lagu-lagu kesohor sang diva. Di toko-toko kaset kota Kairo, lagu-lagu Ummi Kulsum – yang dijual rata-rata seharga LE 10 (sekitar 12 ribu rupiah)- masih mampu bersaing dengan artis-artis ngetop dan bahenol Arab era sekarang, semisal Nawwal Zoghby, Bascal Mash’alani, Diana Haddad, hingga Samira Said. Televisi-televisi Mesir, juga masih sering menayangkan rekaman-rekaman panggung Ummi Kulsum. Hard Disk komputerku juga menyimpan sebuah klip rekaman sang artis legendaris, berisi lagu-lagu terbaiknya, dengan masa durasi 78 menit. Tentu saja lagu-lagunya tidak berupa klip warna-warni seperti kebanyakan klip para artis sekarang. Klip Ummi Kulsum masih berupa rekaman diatas panggung, gaya menyanyi masih monoton, pakaian yang sopan, dengan gambar yang masih hitam putih agak-agak suram.

ummi kulsum

Begitu juga di radio-radio Mesir, baik AM maupun FM, hampir selalu ada – setidaknya satu gelombang – yang sedang memutar lagu-lagu kenangan Ummi Kulsum. Apalagi kalau malam hari, mencari saluran radio yang memutar lagu Ummi Kulsum sangatlah mudah. Maklum, lengkingan khas Kulsum, dengan segala lekuk-lekuk suaranya yang terkadang mirip tilawah lagu-lagu Al Quran, sangat pas dinikmati dalam keheningan malam, sebagai pengiring tidur. Musik pengiringnya pun, berupa kelompok permainan organik, grup atau ensemble semacam orkestra. (Ensemble, yang berasal dari bahasa Perancis, dalam terminologi musik, adalah sebuah permainan musik secara serempak atau bersama-sama). Meski dimainkan oleh kelompok besar, irama musik pengiring lagu Kulsum biasanya tetap ‘santun’, hangat, bergema, romanits, dan tentu saja tidak menyalak-nyalak sebagaimana kebanyakan lagu Arab hip-hop sekarang.

Beberapa tahun lalu, sinetron Ummi Kulsum juga sempat populer di Mesir.(Sayang sekali, saya tidak memiliki informasi tentang hal ini). Sejumlah buku juga ditulis orang, khusus membahas kehidupan sang ratu panggung kebanggaan orang Arab ini. Diantaranya yang saya miliki adalah karya Zakaria Hashim yang berjudul Ummi Kulsum, Tuhfatul Asr Wa Mu’jizatud Dahr.

Lagu-lagu Ummi Kulsum, sejauh yang saya rasakan, memang bercitarasa seni tinggi. Syair-syair yang dibawakannya juga bernilai sastra. Dari 280 judul lagu itu, sebagian besar diantaranya bertema seputar cinta, keagamaan dan nasionalisme. Dan yang jauh lebih penting dari itu, kemerduan suaranya mampu menembus tingkatan oktaf nada yang amat tinggi, dengan nada yang tetap stabil. Sangat pas dinikmati oleh seorang bujangan dalam perantauan. Hingga tidak jarang, saya betah berlama-lama duduk depan komputer sambil menulis, diiringi haleuang Ummi Kulsum, sebagaimana yang saya lakukan saat menulis catatan ini.

By the way, kapan Indonesia punya puteri panggung sehebat Ummi Kulsum?

Pekuncen, 23 Juni 2015

Demikian kisah tentang Pesona Ummi Kulsumsemoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah manusia yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.
Artikel terkait…
Dulu haram kini halal
Lelaki Anshar dengan tiga anak panah

Kisah tukang bakso
Mula-mula yang terjadi (detik-detik kiamat)
Hikmah memperhatikan hari kiamat
Kisah indah Ibnu Hajar dengan seorang Yahudi
Tangisan Rasulullah mengguncang Arasy
Balasan bagi yang mendustakan hati kiamat
Wajib percaya kepada hari kiamat
Hanya Allah SWT yang tahu saat kiamat
Image Photo Video Event Media Home
MITOS – Terkadang kita memang tak percaya tentang sesuatu yang tak kasat mata, apalagi hal itu tak pernah kita lihat sama sekali. Namun kita harus percaya bahwa Tuhan menciptakan mahluk hidup bukan hanya yang berwujud manusia saja, ada juga mahluk Tuhan yang memang tak kasat mata, apa dan bagaimanakah penampakannya. Mari kita jelaskan disini.

Lanjutkan membaca…
KISAH Banyak kisah-kisah menarik yang terlewati begitu saja tanpa kita ketahui apa dan bagaimana sejarah itu berasal, legenda masa silam yang dulu pernah kita dengar, mungkin salah satunya masih dapat anda ikuti disini.

Lanjutkan membaca…
BAHAYA NARKOBA Pengertian tentang Narkoba itu memang perlu, tujuannya agar generasi muda kita tak terjebak dalam lingkaran berbahaya ini, kita di tuntut memberi penjelasan tentang bahaya Narkoba yang mengancam teman-teman kita, anak-anak kita, saudara-saudara kita dan keluarga kita. Untuk lebih jelas lagi tentang bahaya Narkoba, mari kita lihat disini.

Lanjutkan membaca…
INDUSTRI LOGAM – Tegal merupakan salah satu kota industri yang mampu bersaing dengan kota-kota besar lainnya, meskipun kota ini kecil tapi memiliki hasil karyanya yang sangat hebat. Hampir sebagian besar produksi dalam negri itu berasal dari Tegal, apa saja karya terbaik anak negri ini. Yuk kita tengok saja halamannya disini.
Lanjutkan membaca…
PINTU HIDAYAH – Setiap orang memiliki jalan cerita sendiri, baik cerita masa lalu yang kelam atau jalan hidup yang gelap. Namun pintu hidayah akan selalu ada bila kita menyadari arti hidup yang sebenarnya, berikut adalah beberapa kisah menarik yang dapat anda simak tentang orang-orang yang mendapat hidayah. Mari kita buka pintu hidayah itu.
Lanjutkan membaca…
APLIKASI – Apabila anda pengguna jejaring sosial facebook, mungkin pernah lihat beberapa teman yang bisa update melalui berbagai macam aplikasi, salah satu contohnya “Melalui BlackBerry” atau yang lainnya, Nah…untuk bisa seperti itu anda tak perlu repot membeli barang yang mahal, karena saya punya caranya buat anda. Yuk kita menuju halaman itu…

Lanjutkan membaca…
TIPS dan  TRIK Anda yang masih kebingungan mencari solusi permasalahan yang anda alami, semoga cepat teratasi dengan baik, atau jika anda masih bingung karena tak ada yang mengerti tentang anda, mari kita tengok ke halaman ini, mungkinkah ada cara terbaik untuk anda jalani di halaman ini.

Lanjutkan membaca…
TENTANG ANAK Taukah anda permasalahan tentang anak, jangan anggap gampang karakter anak yang terkadang juga mengalami stress, anda harus tau solusinya, anda tak boleh sembarangan cara menanganinya. Nah, jika anda belum mengerti, mari saya ajak anda mengunjungi halaman yang mengulas tentang anak disini.
Lanjutkan membaca…
KESEHATAN – “Sehat adalah hal yang paling utama dalam hidup ini, maka jagalah kesehatan anda sebaik-baiknya, untuk melihat perkembangan dunia kesehatan anda bisa mengikuti beberapa artikel yang mengulas tentang dunia kesehatan yang ada disini, Yuk kita langsung ke TKP.

Lanjutkan membaca…
TENTANG WANITA – Berbahagia dan bergembiralah anda dengan datangnya kemudahan yang dekat waktunya, pemeliharaan dari Allah, pahala yang besar dan terhapusnya dosa. Pemudi yang menempuh jalan yang haq, dan mengemban misi kebenaran. Jadilah wanita yang paling bahagia.
Lanjutkan membaca…
TEMPAT WISATA Bersyukurlah kita pada Tuhan Sang Pencipta Alam ini, yang menciptakan pemandangan begitu indah dibumi yang kita singgahi, lihatlah tempat-tempat wisata yang memanjakan mata kita, meskipun kita belum pernah keliling dunia untuk melihat semuanya, tetapi kita dapat melihat sebagian kebesaran Tuhan yang terbaca lewat alam raya ini.

Lanjutkan membaca…
RELIGI – Seseorang yang berjiwa religius memang sangat tentram dalam menjalani hidupnya, hal ini terjadi karena orang tersebut sangat kuat imannya. Begitu juga dengan kisah-kisah menarik yang bisa dijadikan pelajaran untuk kita, yaitu kisah religi yang sangat menyentuh dan menggetarkan hati. Yuk mari kita ikuti kisah mereka disini. Lanjutkan membaca…

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *