Merenunglah sejenak untuk menanyai diri sendiri

Merenunglah sejenak untuk menanyai diri sendiri dengan sejujurnya

“Rasa lapar dapat diusir dengan roti kering, maka mengapa aku banyak menyesal dan ragu.”

Ajukanlah kepada diri anda sendiri beberapa pertanyaan berikut dan jawablah dengan parameter ratio yang sehat.

  • Sadarkah anda bahwa anda akan melakukan perjalanan tanpa kembali lagi? Apakah anda telah membuat persiapan untuk menyambutnya?
  • Sudahkah anda membekali diri anda dalam dunia yang fana ini dengan amal shalih untuk menghibur keterasingan anda di alam kubur nanti?
  • Berapa usia anda sekarang dan berapa lama lagikah anda akan hidup? Sadarkah anda bahwa tiap-tiap sesuatu itu ada permulaan dan kesudahannya, dan bahwa kesudahan yang akan anda alami adalah surga atau neraka?
  • Pernahkah anda membayangkan bahwa para malaikat turun dari langit untuk mencabut nyawa anda, sedang anda dalam keadaan lalai lagi sia-sia?
  • Pernahkan anda membayangkan selama hidup anda terjadinya hari itu dan detik-detik terakhir hidup anda, saat anda berpisah dengan sanak dan keluarga, saat anda berpisah dengan orang-orang yang anda kasihi dan teman-teman anda? Sesungguhnya saat itu maut datang kepada anda dengan membawa sekarat, kekerasan pencabutan nyawa dan segala penderitaannya. Sesungguhnya saat itu adalah hari kematian anda, saat anda menghadapi kematian.

merenunglah

Sesudah ruh anda berpisah dari tubuhnya, dibawalah jenazah anda ke tempat pemandian mayat, lalu anda di mandikan dan di kafani. Sesudah itu jenazah anda dibawa ke Masjid untuk di shalatkan, kemudian jenazah anda dipanggul di atas pundak beberapa orang lelaki… untuk dibawa kemana?

Tentunya dibawa ke kuburan, yaitu sebagai permulaan dari tahapan hari akhirat. Selanjutnya, adakalanya tempat peristirahatan anda berubah menjadi satu taman dari taman-taman surga atau berubah menjadi salah satu dari jurang diantara jurang-jurang neraka.

Pencerahan

“Petiklah pelajaran dari kegagalan anda…”

 

Dipetik dari buku: “Jadilah Wanita yang paling Bahagia
” Karya “Dr. ‘Aidh bin ‘Abdullah Al-Qarni

Demikian pemahaman tentang ”Merenunglah sejenak untuk menanyai diri sendiri”
semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah manusia yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Artikel menarik lainnya…

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *