Kebun Teh Moga

Kebun Teh Moga

Perkebunan Teh Semugih

   Satu lagi tempat wisata yang pantas dikunjungi yang berlokasi di Desa Sima Kecamatan Moga, sekitar 47 kilometer Selatan Kota Pemalang Jawa Tengah.

Obyek Wisata ini adalah Perkebunan Teh Semugih. Perkebunan teh ini menyajikan pemandangan yang indah dimata. serta berbagai fasilitas seperti jalan, pondok peristirahatan. Perkebunan teh yang dikelola oleh PTPN IX ini memiliki luas sekitar 400 hektar. Namun dari keterangan yang ada hanya sekitar 280 hektar yang mampu berproduksi. Sisanya masih dalam tahap regenerasi.

Selain kebun teh, terdapat juga pabrik teh. Hasil olahan teh dari pabrik ini dikirim ke beberapa daerah di Jawa Tengah. Totalnya 90 persen untuk ekspor sedangkan 10 persen untuk kebutuhan teh dalam negeri. Negara tujuan eksport Teh Semugih antara lain Amerika, Inggris, Rusia, dan Pakistan.   Kecamatan Moga sudah sejak lama dikenal indah dan sejuk. Dengan kondisi alam dan udara yang sejuk itu Moga sering dijadikan tempat bersantai bersama keluarga dan teman.

DSC02381

Puji, Dini dan Yesi (Kebun Teh Moga)

Inilah beberapa kenangan yang sempat diabadikan bersama: Tri Puji Maulina, Dini Azakiyah dan Yesi Rosalinda. banyak cerita yang tercipta diperkebunan teh ini, wilayah Moga memang sangat indah memanjakan mata, sempatkanlah anda untuk melihat hamparan hijau ini, sebuah bukti kebesaran Tuhan yang terbaca lewat alam raya.

DSC02376

Tri Puji Maulina

DSC02377

Dini Azakiyah

DSC02379

Yesi Rosalinda

Dalam perjalanan ke perkebunan teh semugih waktu itu kita tak bisa naik ke puncak lebih tinggi lagi, karena saat itu sesampainya kami disana tiba-tiba turun hujan yang lebat, (sebuah peringatan Tuhan yang disampaikan kepada kita melalui air hujan) kita berhenti dan berteduh di tempat pengolahan teh sementara sampai hujan reda, hingga hujan reda waktu sudah sore dan kita tidak punya pilihan lain kecuali harus turun dan pulang kembali. Begitulah sekilas cerita perjalanan kami disana, banyak pelajaran yang bisa kita petik dari cerita ini, “Kita boleh berencana seindah mungkin, sehebat mungkin dan setinggi mungkin, tetapi Tuhan-lah yang menentukan semua jalan cerita ini”

 Peta Lokasi

Untuk menikmati keindahan Agrowisata Kebun Teh ini tidaklah sulit, karena untuk menuju kawasan ini angkutan yang melewatinya. Baik dari Kota di Pantura seperti Semarang, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Purwokerto, Slawi, atau daerah-daerah lainnya.

Dari arah Cirebon, Tegal, Semarang, Pekalongan, Pemalang dll (Utara)

– Terminal induk Pemalang naik bus 3/4 jurusan Moga turun di terminal Moga, kemudian diteruskan dengan naik angkutan pedesaan jurusan Moga-Sima Tretep turun di Dukuh Tretep – Desa Sima, dari sini sudah dekat sekitar 300m dan banyak penduduk yang siap membantu menunjukan lokasinya.

Dari arah Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Belik  dll (Tenggara)

– Dari arah Purwokerto turun di terminal Randudongkal diteruskan dengan naik Bus/angkot jurusan Moga, turun di terminal Moga, kemudian diteruskan dengan naik angkutan pedesaan jurusan Moga-Sima Tretep turun di Dukuh Tretep – Desa Sima, dari sini sudah dekat sekitar 300m dan banyak penduduk yang siap membantu menunjukan lokasinya.

Dari arah Tegal, Slawi,  Lebaksiu, Bumiayu, Bojong dll (Selatan)

– Dari pasar Simpar naik angkot jurusan Moga turun di pertigaan Ringin Dungkar, kemudian diteruskan dengan naik angkutan pedesaan jurusan Moga-Sima Tretep turun di Dukuh Tretep – Desa Sima, dari sini sudah dekat sekitar 300m dan banyak penduduk yang siap membantu menunjukan lokasinya.

Demikian seputar tempat wisata ”Kebun Teh Moga” semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari tempat hiburan, jadikan ini sebagai pelajaran dan pengalaman anda, jadilah manusia yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.
Artikel terkait…
Pulau Dewata Bali
Pulau Komodo
Tana Toraja
Danau Sentani
Puncak Jaya Wijaya
Polder Bayeman Tegal
Argo Wisata Kaligua
Taman Laut Bunaken
Trio Gili
Air Terjun Mandiraja

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *