Tips Pencegahan Sindrom Metabolik

Tips Pencegahan Sindrom Metabolik 

Pepatah mengatakan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu jugan dengan sindrom metabolik. Mencegah penyakit ini berarti juga mencegah faktor risiko terkena penyakit lain semisal gangguan kardiovaskular. Bagaimana caranya? Ini dia…
pinggang

  1. Lakukan chek up kesehatan secara rutin untuk melakukan deteksi sejak dini masalah ini. Jika diketahui sejak awal, tentu saja membantu kemungkinan gejalanya bisa teratasi juga cukup besar, dan tentu saja terhindari dari komplikasi lanjut.
  2. Saat melakukan chek up, pemeriksaan kadar lemak darah sebaiknya harus dilakukan secara lengkap. Tidak hanya mengukur kolestrol total atau yang jahat (LDL) saja. Pengukuran profil lemak yang lengkap memungkinkan terdeteksi perubahan dari kadar triglisarid dan kolestrol baik (HDL)
  3. Jika perut anda mulai membesar (karena lemak) disertai tekanan darah tinggi kemudian di ikuti dengan tanda-tanda awal menderita penyakit kencing manis (banyak kencing, lapar dan haus terus menerus), curigailah dan lakukan test laboratorium selengkapnya untuk mengetahui apakah menderita sindrom ini.
  4. Tetapi dari keadaan ini, harus ditujukan untuk perbaikan kondisi-kondisi di atas tidak hanya tekanan darah atau gula darah semata. Penggunaan obat mengurangi kadar lemak darah dapat membantu, sama seperti obat-obat spesifik
  5. Bagi perokok, sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Karena kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko resistensi insulin.
  6. Konsumsi makanan yang kaya serat, sayuran dan buah-buahan. Makanan yang mengandung serat dalam memperbaiki kondisi resistensi insulin.
  7. Waspadalah bila anda memiliki tiga atau lebih dari tanda-tanda seperti ini:
  • Peningkatan tekanan darah melebihi 130 / 85 mm Hg
  • Lingkar panggul melebar (102 cm pada pria, 88 cm pada wanita)
  • Peningkatan kadar gula darah puasa (>110 mg)
  • Kadar Lemak Baik (HDL) rendah (dibawah 40 mg/dl. Pada pria dan dibaeah 50 mg/dl. Pada wanita)
  • Kadar trigliserid meningkat di atas 150 mg/dl.

Demikian pemahaman tentang ”Tips Pencegahan Sindrom Metabolik” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah manusia yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

Artikel terkait…
Kupas tuntas sindrom metabolik
Gerakkan tubuh
Inilah manfaat ajaib apel bagi tubuh anda
Khasiat buah pisang yang tak pernah diduga
Rahasia hidup sehat yang mudah dilakukan
Makanan yang boleh masuk ke tubuh anda
Resiko penggunaan smartphone secara berlebihan
Kebiasaan sehat menangkal penyakit mematikan
Kebiasaan sehat yang bisa diajarkan pada anak
Meningkatkan energi dan stamina tubuh
Image Photo Video Event Media Home
ANAK APLIKASI CINTA HIDAYAH HIKMAH KISAH LOGAM MITOS NARKOBA PONSEL RELIGI SEHAT TIPS WANITA WISATA

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *