Seruan Beriman Kepada Yang Ghaib

Selamat datang di rumah kecil saya ini, semoga anda senang berada di rumah yang sederhana ini, doa saya semoga anda selalu dalam keadaan baik-baik saja, sehat dan bahagia, mari kita lanjutkan membaca isi halaman ini.
مرحبا بكم في بيتي الصغير، قد سعيدة ليكون المنزل هذا بسيط، وآمل صلاتك هي دائما في حالة من غرامة وصحية وسعيدة، دعونا نستمر في قراءة محتوى هذه الصفحة.
Welcome to my little house, may you happy to be home this simple, I hope your prayers are always in a state of fine, healthy and happy, let’s continue to read the content of this page.

Seruan Beriman Kepada Yang Ghaib

 Satu hal yang sangat menarik adalah ternyata Islam telah memproklamirkan diri sebagai agama yang bukan saja diserukan kepada manusia, namun juga pada mahluk lain, yakni Jin. Dalam sebuah ayat, Allah dengan tegas berfirman:

qs“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk menyembah-Ku.” (QS.Adzariyaat:56)

Ayat di atas menginformasikan bahwa penciptaan manusia dan jin sejak semula adalah untuk mengabdi kepada Sang Khaliq. Sama halnya dengan manusia yang di serukan supaya melakukan peribadatan kepada Allah, mahluk yang ghaib pun demikian. Mereka juga di bebani kewajiban dengan konsekwensi yang sama dengan mahluk manusia yakni, akan mendapatkan azab Tuhan jika ingkar, dan akan memperoleh pahala ketika beriman. Surga dan neraka bukan saja tempat balasan yang diperuntukkan bagi manusia, namun kedua tempat tersebut juga disediakan bagi mahluk ghaib lainnya.

Dalam salah satu ayat, misalnya Allah dengan tegas menjelaskan bahwa neraka di sediakan bagi jin dan manusia yang dalam hidupnya mempunyai perilaku buruk melebihi keburukan binatang:

“Dan sesungguhnya kami jadikan untuk isi neraka jahanam dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati,  tetapi tidak dipergunakannya untuk mamahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah) dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu seperti binatang ternak, bahkan mereka itu lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.”  (QS.Al-A’raf:179)

Sebagai mahluk yang sama-sama mengemban amanah Allah untuk melakukan pengabdian kepada-Nya, mahluk ghaib, terutama dalam hal ini adalah iblis sejak awal-awal ternyata sudah menunjukkan keingkarannya. Iblis dengan terang-terangan menolak perintah Allah untuk bersujud kepada Adam. Dalam sejarah perjalanan makhluk, pembangkangan iblis adalah merupakan keingkaran pertama yang dilakukan makhluk kepada Sang Khaliq. Namun pembangkangan iblis bukan berarti dapat disimpulkan bahwa semua makhluk ghaib adalah makhluk yang ingkar. Malaikat adalah salah satu dari jenis makhluk ghaib itu, namun mereka bukanlah termasuk pembangkan sebagaimana iblis. Sebaliknya malaikat malah tergolong seagai makhlk yan taat yang tak pernah sekalipun melakukan penyelewengan terhadap tugas yang dititahkan kepada mereka. Kenyataan bahwa malaikat adalah makhluk yang taat dan iblis makhluk laknat menunjukkan bahwa makhluk ghaib itu ada yang baik dan ada yang buruk.

Dalam perkembangan selanjutnya, Al-Qur’an mengisahkan bahwa jin, salah satu ciptaan Allah yang termasuk dalam kategori makhluk ghaib, satu sisi ternyata mempunyai kesamaan dengan manusia, yakni mereka ada yang ingkar dan ada yang iman. Sebagaimana manusia, makhluk jin juga diberi kebebasan untuk memilih jalannya sendiri, karena alas an ini maka Allah menurunkan Nabi bukan saja untuk kalangan manusia, namun Nabi juga di utus untuk para jin yang secara esensial makhluk ini berbeda dengan manusia.

Al-Qur’an secara khusus pernah membicarakan tentang jin ini dalam sebuah surat, bahkan nama “jin” itu sendiri telah di abadikan dalam surat tersebut. Dalam beberapa ayat mesalnya Allah pernah menjelaskan bahwa sebagian golongan jin ada yang menerima ajakan dakwah Nabi. Dikisahkan bahwa pada saat Nabi membacakan ayat-ayat suci, sebagian dari mereka yang khusyu’ mendengarkan hingga menjadikan mereka beriman kepada Allah. Allah berfirman:

“Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Al-Qur’an, maka ketika mereka menghadiri pembacaan (nya) lalu mereka berkata: Diamlah kamu (untuk mendengarkannya)” (QS.Al-Ahqaf:29)

Informasi senada juga bisa dibaca dalam surat Al-Jin ayat 1 sampai 5. Dalam ayat-ayat itu sekelompok jin mendengarkan bacaan ayat Al-Qur’an yang menurut mereka begitu menakjubkan. Perasaan inilah yang untuk selanjutnya membuka mata hati mereka hingga dengan penuh kesadaran makhluk halus tersebut menyatakan diri sebagai muslim.

Sekali lagi, sama halnya dengan manusia, jin tidak semuanya muslim. Tidak semua bangsa jin mau menerima seruan risalah Muhammad. Hanya sebagian dari mereka saja yang tersentuh oleh hidayah Allah hingga mau menerima Islam sebagai agama. Selebihnya, mereka adalah makhluk-makhluk ingkar. Mereka tidak mau menerima seruan risalah Nabi. Sebab, layaknya manusia, mata hati mereka telah buta dari kebenaran hingga hidayah pun tak dapat menyentuh kalbu mereka.

Jalaslah bahwa risalah Muhammad sesungguhnya tidak hanya kepada manusia, namun beliau juga merupakan Nabi bagi golongan jin. Ini artinya bahwa ke-Rasulan Muhammad diserukan untuk dua dunia, yakni dunia manusia dan dunia jin.

Sebagai kelanjutan dari risalah Nabi yang di peruntukan pada dua dunia, Nabi mengemban tugas yang harus disampaikan kepada umatnya, terutama kepada makhluk manusia, yakni meyakinkah bahwa ada “dunia lain”  selain dunia yang mereka diami. Ada makhluk lain selain makhluk dalam wujud fisik seperi mereka. Siapakah makhluk itu? Mereka adalah makhluk ghaib yang hidup di suatu alam yang manusia tak bisa hidup di dalamnya.

Misi Nabi untuk meyakinkan manusia bahwa ada hal-hal yang bersifat ghaib adalah merupakan rangkaian misi untuk menenamkan ajaran tauhid. Disini Nabi dituntut  untuk bisa meyakinkan manusia dengan memberikan berbagai argumentasi, baik secara logis maupun non logis bahwa dalam hidup ini sesungguhnya ada makhluk lain yang keberadaannya seperti tidak ada tetapi sesungguhnya ia ada. Ada makhluk yang tak tampak namun sungguh-sungguh berwujud.

Misi ini sesungguhnya merupakan misi yang tak kalah beratnya ketika Nabi harus memperkenalkan praktek ritual formal peribadatan kepada umatnya. Bahkan, jika dibandingkan dengan misi-misi yang lain, tugas menanamkan keimanan kepada menusia supaya mereka yakin terhadap keberadaan sesuatu yang tak nampak mata adalah lebih berat. Dikatakan lebih berat sebab misi seperti ini bukan saja bertentangan dengan logika manusia, namun juga di sebabkan adanya keyakinan lain yang sebelumnya sudah menacap kuat dalam hati.

Di awal-awal ke-Rasulannya, Nabi seperti Nampak kerepotan ketika berusaha menanamkan keyakinan terhadap keberadaan Allah yang ghaib kepada umatnya. Satu-satunya hambatan terbasar adalah karena sebelumnya sudah ada keyakinan terhadap ajaran nenek moyang yang sudah tertanam begitu kuat. Keyakinan yang sudah barubah menjadi “iman” inilah yang telah membutakan mata hati mereka, dan telah membuat telinga mereka tuli untuk menerima Islam.

Kesulitan untuk mengimankan manusia terhadap hal yang ghaib, selain karena sudah ada keyakinan lain yang sebelumnya telah mendarah daging juga bisa dipengaruhi oleh sifat dasar manusia yang tak gampang percaya dengan hal-hal yang tak masuk akal. Hal ghaib, adalah setiap hakikat yang tidak dapat diketahui manusia melalui pancaindera. Dengan kata lain ghaib adalah wujud yang ada namun tak dapat terjangkau oleh indera. Karena perkara ghaib itu bersifat ada namun seperti tak ada, maka disinilah akal manusia sering menolak. Akal seringkali hanya mau menerima hal-hal yang bisa di cerna dan logika dengan pikiran. Selebihnya, mengenai hal-hal yang tak dapat dilihat walaupun agama dengan jelas menyatakan keberadaannya, akal seringkali menganggap itu sebagai hal yang mustahil ada.

Satu hal yang harus disadari adalah keyakinan terhadap hal ghaib termasuk salah satu pondasi keimanan seorang mukmin. Iman kepada yang ghaib termasuk rukun iman yang jika seseorang mengaku sebagai orang Islam namun tidak punya kepercayaan terhadap yang ghaib maka keimanan tersebut masih belum bisa dikatakan sempurna, bahkan bisa bertolak.

Dalam Al-Qur’an Allah dengan tegas menyatakan bahwa di antara ciri-ciri orang yang bertaqwa adalah beriman kepada hal yang ghaib. Allah berfirman:

“Kitab Al-Qur’an ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rizki yang Kami anugrahkan kepada mereka.” (QS.Al-Baqarah:2-3)

Iman kepada yang ghaib adalah percaya kepada sesuatu yang ada diluar jangkauan indera dan tidak selamanya dapat bersesuaian dengan logika akan tetapi dapat diketahui lewat berita yang dibawa para Rasul. Atau iman kepada yang ghaib adalah percaya kepada sesuatu yang sama sekali tidak nampak bagi indera dan akal sehingga betul-betul tidak bisa terjangkau oleh keduanya. Menurut Yahya Saleh Basalamah dalam “Al Insan Wal Ghaib”, iman terdapat hal yang ghaib terbagi dalam dua bagian, yaitu:

  • Pertama, percaya terhadap hal yang ghaib yang tidak mempunyai bukti. Dalam hal ini Allah hanya memberikan penjelasan bahwa perkara ghaib ini hanya Dia yang mengetahui. Selebihnya manusia tak mampu mengetahuinya namun tetap diwajibkan beriman terhadap keberadaannya. Dalam hal ini Al-Qur’an menjelaskan: “Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri.” Al-An’am:59)
  • Kedua, percaya pada hal ghain yang mempunyai bukti, yaitu seperti beriman kepada Allah sebagai pencipta dan segala sifat-sifatNya sekaligus bukti ke-Nabian. Termasuk iman terhadap hal yang ghaib ini adalah percaya terhadap adanya malaikat, adanya jin, setan, adanya hari akhir, kebangkitan setelah mati dan seterusnya.

Seruan ajaran Islam supaya meyakini terhadap hal yang ghaib satu sisi mengindikasikan bahwa manusia dituntut yakin sepenuhnya bahwa ada dimensi lain yang berada di luar jangkauan kemampuan akal dan pada sisi yang lain menyimpulkan bahwa ajaran Islam ternyata bukan saja mengajarkan rasionalitas akal namun lebih dari itu juga menanamkan satu keyakinan dalam hati supaya menusia meyakini dengan sepenuhnya bahwa ada hal-hal yang bersifat irasioanal dalam kenyataan hidup ini.

Demikian pemahaman tentang ”Seruan Beriman Kepada Yang Ghaib” semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jadilah manusia yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.
Artikel terkait…
Lebih jauh tentang Malaikat dan Iblis
Hakikat Malaikat
Iblis tidak berdaya dihadapan orang yang ikhlas
Cara iblis menggoda
Iblis dibantu oleh 70.000 anak-anaknya
Iblis lebih takut kepada orang yang berilmu dibending ahli ibadah
Iblis yang mengaku sebagai Tuhan
Bentuk asli malaikat Jibril
Anak iblis paling berbahaya
Jin lebih bodoh daripada Manusia
Image Photo Video Event Media Home
BAHAYA NARKOBA Pengertian tentang Narkoba itu memang perlu, tujuannya agar generasi muda kita tak terjebak dalam lingkaran berbahaya ini, kita di tuntut memberi penjelasan tentang bahaya Narkoba yang mengancam teman-teman kita, anak-anak kita, saudara-saudara kita dan keluarga kita. Untuk lebih jelas lagi tentang bahaya Narkoba, mari kita lihat disini.

Lanjutkan membaca…
INDUSTRI LOGAM – Tegal merupakan salah satu kota industri yang mampu bersaing dengan kota-kota besar lainnya, meskipun kota ini kecil tapi memiliki hasil karyanya yang sangat hebat. Hampir sebagian besar produksi dalam negri itu berasal dari Tegal, apa saja karya terbaik anak negri ini. Yuk kita tengok saja halamannya disini.
Lanjutkan membaca…
PINTU HIDAYAH – Setiap orang memiliki jalan cerita sendiri, baik cerita masa lalu yang kelam atau jalan hidup yang gelap. Namun pintu hidayah akan selalu ada bila kita menyadari arti hidup yang sebenarnya, berikut adalah beberapa kisah menarik yang dapat anda simak tentang orang-orang yang mendapat hidayah. Mari kita buka pintu hidayah itu.
Lanjutkan membaca…
APLIKASI – Apabila anda pengguna jejaring sosial facebook, mungkin pernah lihat beberapa teman yang bisa update melalui berbagai macam aplikasi, salah satu contohnya “Melalui BlackBerry” atau yang lainnya, Nah…untuk bisa seperti itu anda tak perlu repot membeli barang yang mahal, karena saya punya caranya buat anda. Yuk kita menuju halaman itu…

Lanjutkan membaca…
TIPS dan  TRIK – Anda yang masih kebingungan mencari solusi permasalahan yang anda alami, semoga cepat teratasi dengan baik, atau jika anda masih bingung karena tak ada yang mengerti tentang anda, mari kita tengok ke halaman ini, mungkinkah ada cara terbaik untuk anda jalani di halaman ini.

Lanjutkan membaca…

TENTANG ANAK – Taukah anda permasalahan tentang anak, jangan anggap gampang karakter anak yang terkadang juga mengalami stress, anda harus tau solusinya, anda tak boleh sembarangan cara menanganinya. Nah, jika anda belum mengerti, mari saya ajak anda mengunjungi halaman yang mengulas tentang anak disini.
Lanjutkan membaca…
KESEHATAN – “Sehat adalah hal yang paling utama dalam hidup ini, maka jagalah kesehatan anda sebaik-baiknya, untuk melihat perkembangan dunia kesehatan anda bisa mengikuti beberapa artikel yang mengulas tentang dunia kesehatan yang ada disini, Yuk kita langsung ke TKP.

Lanjutkan membaca…

TENTANG WANITA – Berbahagia dan bergembiralah anda dengan datangnya kemudahan yang dekat waktunya, pemeliharaan dari Allah, pahala yang besar dan terhapusnya dosa. Pemudi yang menempuh jalan yang haq, dan mengemban misi kebenaran. Jadilah wanita yang paling bahagia.
Lanjutkan membaca…
TEMPAT WISATA – Bersyukurlah kita pada Tuhan Sang Pencipta Alam ini, yang menciptakan pemandangan begitu indah dibumi yang kita singgahi, lihatlah tempat-tempat wisata yang memanjakan mata kita, meskipun kita belum pernah keliling dunia untuk melihat semuanya, tetapi kita dapat melihat sebagian kebesaran Tuhan yang terbaca lewat alam raya ini.

Lanjutkan membaca…
RELIGI – Seseorang yang berjiwa religius memang sangat tentram dalam menjalani hidupnya, hal ini terjadi karena orang tersebut sangat kuat imannya. Begitu juga dengan kisah-kisah menarik yang bisa dijadikan pelajaran untuk kita, yaitu kisah religi yang sangat menyentuh dan menggetarkan hati. Yuk mari kita ikuti kisah mereka disini. Lanjutkan membaca…

MITOS – Terkadang kita memang tak percaya tentang sesuatu yang tak kasat mata, apalagi hal itu tak pernah kita lihat sama sekali. Namun kita harus percaya bahwa Tuhan menciptakan mahluk hidup bukan hanya yang berwujud manusia saja, ada juga mahluk Tuhan yang memang tak kasat mata, apa dan bagaimanakah penampakannya. Mari kita jelaskan disini.

Lanjutkan membaca…
KISAH – Banyak kisah-kisah menarik yang terlewati begitu saja tanpa kita ketahui apa dan bagaimana sejarah itu berasal, legenda masa silam yang dulu pernah kita dengar, mungkin salah satunya masih dapat anda ikuti disini.

Lanjutkan membaca…

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *