Mengapa Narkoba berbahaya?

Mengapa Narkoba berbahaya?

“Jalan terpendek dan termudah menjadi pasien rumah sakit jiwa, menjadi penghuni penjara
dan kematian tidak wajar adalah menjadi pecandu narkoba.”

Narkoba adalah kampiun yang sangat merusak kehidupan manusia. Karena tidak ada jalan yang lebih pendek untuk merusak tubuh, pikiran dan jiwa manusia daripada memakai morfin, heroin, cocain, marijuana dan jenis lainnya.

narkobMinimal ada 9 sebab mengapa narkoba menjadi berbahaya bagi para penggunanya:

  1. Merusak kemampuan berpikir (syaraf)
    Alat berpikir adalah hal yang terpenting dari segenap anggota tubuh manusia. Tanpa kesanggupan berpikir manusia sama saja dengan binatang. Kuasa kemauan inilah yang pada akhirnya mempu menyanggupkan manusia berkata ‘YA” kepada ajakan yang baik, dan berkata “TIDAK” pada ajakan yang buruk. Pada umumnya semua jenis narkoba menyerang syaraf, sehingga alat berpikir itupun jadi terganggu.
  1. Meniadakan garis pemisah antara yang baik dan yang buruk
    Banyak perkara yang terjadi dalam hidup yang mengakibatkan kerugian, kemalangan, frustasi, kebencian, pertentangan dan kesusahan. Ada pula hal-hal yang menyebabkan hidup manusia itu gembira, beruntun, puas dan optimis. Ketika manusia sudah tidak bisa lagi memisahkan antara yang benar dan yang salah, buruk dan baik, maka tidak ada lagi batasan antara manusia dan binatang. Inilah mengapa peran agama sangat penting dalam penanggulangan bahaya narkoba.
  1. Menutupi Hukum
    Para pemakai narkoba umumnya tidak peduli tentang hokum, baik hukum Negara maupun hukum agama. Mereka tidak peduli segala resiko yang didapatkan. Survei telah membuktikan bahwa tindakan kriminal sering di awali dengan obat-obatan terlarang yang pada akhirnya memakan banyak korban. Karena hampir setiap norma-norma hukum agama dan hukum Negara menjadi lenyap dalam pikiran mereka tatkala sedang menikmati narkoba.
  1. Mempengaruhi Nafsu Sex
    Pengguna narkoba mengalami nafsu sex yang tidak normal. Seringkali nafsu sex menjadi turun drastis atau bahkan ada juga yang berlebih-lebihan (over), sehingga terjadilah tindakan yang biadab dalam memuaskan nafsu sex-nya.
  1. Kemiskinan
    Tidak ada seorang pun yang bisa kaya ketika bergelut dalam barang haram bernama narkoba, baik itu pemakai, pengedar maupun produsennya. Telah di buktikan bahwa bergelut dalam narkoba akan membuat orang kaya jatuh miskin. Ketidakstabilan jiwa mereka membuat tidak stabil pula tindakan yang mereka lakukan, baik dalam pekerjaan maupun di tengah masyarakat. Kemiskinan harta, kemiskinan ilmu dan kemiskinan akhlaq dipastikan mencumbui kehidupan para penyalah-gunaan narkoba.
  1. Kehancuran Karir
    Banyak bukti yang ada di depan mata kita bahwa penyalah-gunaan narkoba akan membuat kehancuran karir seseorang. Apapun pekerjaan atau profesi seseorang di dunia ini, jika ia telibat dalam penyalah-gunaan narkoba dipastikan akan hancur total. Karena itu, narkoba adalah barang yang sangat berbahaya bagi karir dan profesi seseorang.
  1. Merusak Jiwa
    Faktor terbesar mengapa banyak orang yang masuk ke dalam rumah sakit jiwa karena obat-obatan bernama narkoba. Karena satu hal yang pasti bahwa hampir semua macam narkoba menyerang urat syaraf pusat pecandunya. Daya kerja otak menurun oleh gangguan narkoba. Akhirnya otak lambat laun tidak berfungsi sebagaimana mestinya, yang berarti sakit jiwa.
  1. Merusak lingkungan sosial kemasyarakatan
    Satu hal yang sangat buruk dalam narkoba, yaitu setiap pecandunya selalu mengajak orang lain untuk mengikuti langkah sesatnya. Mereka tidak akan pernah puas jika mereka sendiri yang tersesat. Mereka selalu berusaha untuk mempengaruhi orang lain, terutama anak muda, sehingga dari sinilah awal kehancuran dalam lingkungan sosial kemasyarakatan.
  1. Kematian tidak wajar
    Beribu-ribu bahkan jutaan orang setiap tahun tewas akibat penyalah-gunaan narkoba. Ada yang mati karena OD (Over Dosis) dan ada juga yang bunuh diri karena tidak kuat lagi menahan tekanan obat-obatan berbahaya tersebut.

Dari penjelasan singkat di atas, maka dapat kita simpulkan betapa berbahayanya penyalah-gunaan narkoba. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi bagi kita semua untuk melakukan atau terlibat dalam penyalah-gunaan narkoba.
Secara lebih rinci lagi tentang jenis-jenis narkoba dan bahaya yang akan di timbulkannya akan kami jelaskan pada bagian berikutnya. 

Demikian penjelasan tentang ”Mengapa Narkoba berbahaya?” semoga artikel ini berguna untuk anda, gunakan masa mudamu sebaik mungkin, jangan biarkan hidupmu terjebak dalam hal yang tak berarti dan jadilah manusia yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.

 PERINGATAN
Jangan pernah mencoba barang-barang haram ini, karena sesungguhnya barang seperti inilah yang akan membunuhmu secara berlahan, ketika anda mengabaikan sebuah peringatan maka nyawa anda menjadi taruhannya…” 
Artikel terkait…
Sejarah dan pengertian narkoba
Jenis zat yang berbahaya
Dampak narkoba terhadap generasi muda
GHB (Gamma HydroxyButyricacid)/Liquid Ecstasy
DXM (Dextromethorphan) /Robo Trip
Alcohol / Alkohol
Morfin (Morphine)
Shabu-shabu
Efek Bahaya Ekstasi
Image Photo Video Event Media Home

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *