Kisah Tukang Bakso

Selamat datang di rumah kecil saya ini, semoga anda senang berada di rumah yang sederhana ini, doa saya semoga anda selalu dalam keadaan baik-baik saja, sehat dan bahagia, mari kita lanjutkan membaca isi halaman ini.
مرحبا بكم في بيتي الصغير، قد سعيدة ليكون المنزل هذا بسيط، وآمل صلاتك هي دائما في حالة من غرامة وصحية وسعيدة، دعونا نستمر في قراءة محتوى هذه الصفحة.
Welcome to my little house, may you happy to be home this simple, I hope your prayers are always in a state of fine, healthy and happy, let’s continue to read the content of this page.

Kisah Tukang Bakso

Di suatu senja sepulang kantor, saya masih berkesempatan untuk ngurus tanaman di depan rumah, sambil memperhatikan beberapa anak asuh yang sedang belajar menggambar peta, juga mewarnai… Hujan rintik-rintik selalu menyertai di setiap sore di musim hujan ini.

tukang_baksoDi kala tangan sedikit berlumuran tanah kotor….. terdengar suara tek… tekk.. .tek…suara tukang bakso dorong lewat. Sambil menyeka keringat…, ku hentikan tukang bakso itu dan memesan beberapa mangkok bakso setelah menanyakan anak-anak, siapa yang mau bakso?

“Mauuuuuuuuu..”, secara serempak dan kompak anak-anak asuhku menjawab.
Selesai makan bakso, lalu saya membayarnya.

Ada satu hal yang menggelitik fikiranku selama ini ketika saya membayarnya, si tukang bakso memisahkan uang yang diterimanya. Yang satu disimpan dilaci,yang satu ke dompet, yang lainnya ke kaleng bekas kue semacam kencleng.

Lalu aku bertanya atas rasa penasaranku selama ini.
“Mang kalo boleh tahu, kenapa uang- uang itu pisahkan? Barangkali ada tujuan?”

“Iya pak, memang sengaja saya memisahkan uang ini selama jadi tukang bakso yang sudah berlangsung hampir 17 tahun. Tujuannya sederhana saja, hanya ingin memisahkan mana yang menjadi hak saya, mana yang menjadi hak orang lain / amal ibadah, dan mana yang menjadi hak cita-cita penyempurnaan iman seorang muslim”.

“Maksudnya…?”, saya melanjutkan bertanya.

“Iya Pak, kan agama dan islam menganjurkan kita agar bisa berbagi dengan sesama. Sengaja saya membagi 3 tempat, dengan pembagian sebagai berikut :
1. Uang yang masuk ke dompet, artinya untuk memenuhi keperluan hidup sehari-hari untuk keluarga.
2. Uang yang masuk ke laci, artinya untuk infaq /sedekah, atau untuk melaksanakan ibadah Qurban. Dan alhamdulillah selama 17 tahun menjadi tukang bakso saya selalu ikut qurban seekor kambing, meskipun kambingnya yang ukuran sedang saja.
3. Uang yang masuk ke kencleng, karena saya ingin menyempurnakan agama yang saya pegang yaitu Islam.”

Islam mewajibkan kepada umatnya yang mampu untuk melaksanakan ibadah haji. Ibadah haji ini tentu butuh biaya yang besar, Maka kami sepakat dengan istri bahwa di setiap penghasilan harian hasil jualan bakso ini kami harus menyisihkan sebagian penghasilan sebagai tabungan haji.. Dan insya Allah selama 17 tahun menabung, sekitar 2 tahun lagi saya dan istri akan melaksanakan ibadah haji.

Hatiku sangat… sangat tersentuh mendengar jawaban itu. Sungguh sebuah jawaban sederhana yang sangat mulia. Bahkan mungkin kita yang memiliki nasib sedikit lebih baik dari si tukang bakso tersebut, belum tentu memiliki fikiran dan rencana indah dalam hidup seperti itu. Dan seringkali berlindung di balik tidak mampu atau belum ada rejeki.

Terus saya melanjutkan sedikit pertanyaan, sebagai berikut : “Iya tapi kan ibadah haji itu hanya diwajibkan bagi yang mampu…? termasuk memiliki kemampuan dalam biaya…?”

Ia menjawab, “Itulah sebabnya Pak, justru kami malu kepada Tuhan kalau bicara soal Rezeki karena kami sudah diberi Rizky. Semua orang pasti mampu kok kalau memang niat..?”

Menurut saya definisi “mampu” adalah sebuah definisi dimana kita diberi kebebasan untuk mendefinisikannya sendiri. Kalau kita mendefinisikan diri sendiri sebagai orang tidak mampu, maka mungkin selamanya kita akan menjadi manusia tidak mampu.

Sebaliknya kalau kita mendefinisikan diri sendiri, “mampu”, maka Insya Allah dengan segala kekuasaan dan kewenangannya Allah akan memberi kemampuan pada kita kok.
“Masya Allah… sebuah jawaban dari seorang tukang bakso”.

Sahabat….. Cerita perjalanan spiritual ini sangat sederhana dan jadi inspirasi. Semoga memberi hikmah terbaik bagi kehidupan kita. Amien……..

Dalam hadits Qudsi, “Sesungguhnya Allah berfirman: Aku akan mengikuti prasangka hamba-Ku dan Aku akan senantiasa menyertainya apabila berdoa kepada-Ku” (HR. Bukhari Muslim)

Demikian kisah tentang ”Kisah Tukang Bakso” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah manusia yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.
Artikel terkait…
Lelaki Anshar dengan tiga anak panah
Mula-mula yang terjadi (detik-detik kiamat)
Hikmah memperhatikan hari kiamat
Kisah indah Ibnu Hajar dengan seorang Yahudi
Tangisan Rasulullah mengguncang Arasy
Balasan bagi yang mendustakan hati kiamat
Wajib percaya kepada hari kiamat
Hanya Allah SWT yang tahu saat kiamat
Kiamat pasti terjadi
Image Photo Video Event Media Home
MITOS – Terkadang kita memang tak percaya tentang sesuatu yang tak kasat mata, apalagi hal itu tak pernah kita lihat sama sekali. Namun kita harus percaya bahwa Tuhan menciptakan mahluk hidup bukan hanya yang berwujud manusia saja, ada juga mahluk Tuhan yang memang tak kasat mata, apa dan bagaimanakah penampakannya. Mari kita jelaskan disini.

Lanjutkan membaca…
KISAH – Banyak kisah-kisah menarik yang terlewati begitu saja tanpa kita ketahui apa dan bagaimana sejarah itu berasal, legenda masa silam yang dulu pernah kita dengar, mungkin salah satunya masih dapat anda ikuti disini.

Lanjutkan membaca…
BAHAYA NARKOBA – Pengertian tentang Narkoba itu memang perlu, tujuannya agar generasi muda kita tak terjebak dalam lingkaran berbahaya ini, kita di tuntut memberi penjelasan tentang bahaya Narkoba yang mengancam teman-teman kita, anak-anak kita, saudara-saudara kita dan keluarga kita. Untuk lebih jelas lagi tentang bahaya Narkoba, mari kita lihat disini.

Lanjutkan membaca…
INDUSTRI LOGAM – Tegal merupakan salah satu kota industri yang mampu bersaing dengan kota-kota besar lainnya, meskipun kota ini kecil tapi memiliki hasil karyanya yang sangat hebat. Hampir sebagian besar produksi dalam negri itu berasal dari Tegal, apa saja karya terbaik anak negri ini. Yuk kita tengok saja halamannya disini.
Lanjutkan membaca…
PINTU HIDAYAH – Setiap orang memiliki jalan cerita sendiri, baik cerita masa lalu yang kelam atau jalan hidup yang gelap. Namun pintu hidayah akan selalu ada bila kita menyadari arti hidup yang sebenarnya, berikut adalah beberapa kisah menarik yang dapat anda simak tentang orang-orang yang mendapat hidayah. Mari kita buka pintu hidayah itu.
Lanjutkan membaca…
APLIKASI – Apabila anda pengguna jejaring sosial facebook, mungkin pernah lihat beberapa teman yang bisa update melalui berbagai macam aplikasi, salah satu contohnya “Melalui BlackBerry” atau yang lainnya, Nah…untuk bisa seperti itu anda tak perlu repot membeli barang yang mahal, karena saya punya caranya buat anda. Yuk kita menuju halaman itu…

Lanjutkan membaca…
TIPS dan  TRIK – Anda yang masih kebingungan mencari solusi permasalahan yang anda alami, semoga cepat teratasi dengan baik, atau jika anda masih bingung karena tak ada yang mengerti tentang anda, mari kita tengok ke halaman ini, mungkinkah ada cara terbaik untuk anda jalani di halaman ini.

Lanjutkan membaca…
TENTANG ANAK – Taukah anda permasalahan tentang anak, jangan anggap gampang karakter anak yang terkadang juga mengalami stress, anda harus tau solusinya, anda tak boleh sembarangan cara menanganinya. Nah, jika anda belum mengerti, mari saya ajak anda mengunjungi halaman yang mengulas tentang anak disini.
Lanjutkan membaca…
KESEHATAN – “Sehat adalah hal yang paling utama dalam hidup ini, maka jagalah kesehatan anda sebaik-baiknya, untuk melihat perkembangan dunia kesehatan anda bisa mengikuti beberapa artikel yang mengulas tentang dunia kesehatan yang ada disini, Yuk kita langsung ke TKP.

Lanjutkan membaca…
TENTANG WANITA – Berbahagia dan bergembiralah anda dengan datangnya kemudahan yang dekat waktunya, pemeliharaan dari Allah, pahala yang besar dan terhapusnya dosa. Pemudi yang menempuh jalan yang haq, dan mengemban misi kebenaran. Jadilah wanita yang paling bahagia.
Lanjutkan membaca…
TEMPAT WISATA – Bersyukurlah kita pada Tuhan Sang Pencipta Alam ini, yang menciptakan pemandangan begitu indah dibumi yang kita singgahi, lihatlah tempat-tempat wisata yang memanjakan mata kita, meskipun kita belum pernah keliling dunia untuk melihat semuanya, tetapi kita dapat melihat sebagian kebesaran Tuhan yang terbaca lewat alam raya ini.

Lanjutkan membaca…
RELIGI – Seseorang yang berjiwa religius memang sangat tentram dalam menjalani hidupnya, hal ini terjadi karena orang tersebut sangat kuat imannya. Begitu juga dengan kisah-kisah menarik yang bisa dijadikan pelajaran untuk kita, yaitu kisah religi yang sangat menyentuh dan menggetarkan hati. Yuk mari kita ikuti kisah mereka disini. Lanjutkan membaca…

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *