Hanya Allah SWT yang tahu saat Kiamat

Hanya Allah SWT yang tahu saat Kiamat

Tentang datangnya hari kiamat tidak ada seorangpun yang mengetahui kendati pun itu para Nabi dan Rasul Allah, sebab itu merupakan rahasia Allah sendiri.

Adapun maksud dirahasiakan yaitu agar manusia senantiasa berjuang dan berlomba-lomba memperbanyak amal shalehnya buat bakal keselamatan di hari yang di rahasiakan itu.

images Hal ini benar seperti yang dikatakan Imam Al Alusi: “Allah SWT sengaja merahasiakan  urusan datangnya hari kiamat itu karena adanya hikmah syari’at dalam hal itu, sebab dengan merahasiakannya maka akan menyebabkan seseorang itu lebih memperhatikan pada ketaatan terhadap Allah dan lebih menghindarkan diri dari perbuatan maksiat.”

Ini adalah sebagaimana juga halnya merahasiakan saat tibanya ajal (kematian) yang khusus bagi setiap manusia. Tujuannya adalah sebagaimana di atas itu pula.
(Aqidah Islam, Sayiq Sabiq, hal 440)

Al-Qur’an telah menyebutkan tentang kerahasiaan kiamat, terdapat dalam surat Luqman ayat 34:
“Sesungguhnya allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang kiamat. Dan Dialah yang menurunkan hujan, dan yang mengetahui apa yang ada dalam rahim, dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan diusahakannya besok.”

Di dalam aqidah Islam disebutkan demikian:
“Para sahabat di zaman Rasulullah SAW. Dahulupun sudah sama menginginkan untuk mengetahui persoalan yang pelik ini. Mereka bertanya kepada Beliau SAW, ada yang bersikap mendesak, tetapi Allah SWT memberi perintah kepada beliau agar itu dikembalikan saja semata-mata kepada Alah belaka, ringkasnya hanya Allah sajalah yang boleh mengetahui masa tibanya itu.”

Di dalam surat Al A’raf di sebutkan pula:
“mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat” , bilakah terjadinya ?’ Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku, tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia” (QS. Al A’raf:187)

Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra. Bahwasanya Nabi SAW bersabda: “Kunci keghaiban itu lima perkara tidak ada yang dapat mengetahuinya kecuali Allah sendiri, yaitu

  1. Bahwa di sisi Allah saja pengetahuan tentang kiamat.
  2. Hanya Allah yang mengetahui waktu turunnya hujan.
  3. Hanya Allah yang mengetahui apa yang ada di dalam rahim.
  4. Tidak seorangpun mengetahui apa yang akan di kerjakannya esok hari.
  5. Tidak seorangpun yang mengetahui di bumi mana ia akan meninggal dunia.

Rasulullah SAW hanya memberikan tanda-tanda tentang sudah dekat datangnya kiamat, bahkan beliau memberikan isyarat bahwa dengan di utusnya beliau sendiri itu sudah merupakan salah satu tanda dekatnya kiamat, sebagaimana hadist shahih di terima dari Anas ra. Bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: “Aku diutus dan jarak waktu antara diutusku itu dengan tibanya hari kiamat adalah seperti dua buah jari ini (Beliau menunjukan jari telunjuk dan jari tengahnya)

Demikian penjelasan tentang ”Hanya Allah SWT yang tahu saat Kiamat” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anda, jadilah manusia yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.
Artikel terkait…
Lelaki Anshar dengan tiga anak panah
Kisah tukang bakso
Mula-mula yang terjadi (detik-detik kiamat)
Hikmah memperhatikan hari kiamat
Kisah indah Ibnu Hajar dengan seorang Yahudi
Tangisan Rasulullah mengguncang Arasy
Balasan bagi yang mendustakan hati kiamat
Wajib percaya kepada hari kiamat
Kiamat pasti terjadi

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *