Hakikat Malaikat

Selamat datang di rumah kecil saya ini, semoga anda senang berada di rumah yang sederhana ini, doa saya semoga anda selalu dalam keadaan baik-baik saja, sehat dan bahagia, mari kita lanjutkan membaca isi halaman ini.
مرحبا بكم في بيتي الصغير، قد سعيدة ليكون المنزل هذا بسيط، وآمل صلاتك هي دائما في حالة من غرامة وصحية وسعيدة، دعونا نستمر في قراءة محتوى هذه الصفحة.
Welcome to my little house, may you happy to be home this simple, I hope your prayers are always in a state of fine, healthy and happy, let’s continue to read the content of this page.

Hakikat Malaikat

Malaikat adalah salah satu makhluk Allah yang termasuk dalam kategori makhluk halus. Mereka adalah satu-satunya makhluk ghaib yang mempunyai kedudukan tertinggi di sisi Allah. Hal ini disebabkan mereka mempunyai tingkat kepatuhan dan ketaatan yang melebihi dari ketaatan dan kepatuhan makhluk-makhluk ghaib lain, termasuk makhluk “kasar” bernama manusia.

gjhr

Allah menciptakan malaikat dari cahaya. Imam muslim meriwayatkan sebuah hadist dari Aisyah bahwa Rasulullah SAW barsabda:

“Malaikat di ciptakan dari cahaya, Jin di ciptakan dari nyala api dan Adam di ciptakan dari apa yang telah di terangkan padamu semua.”

Berdasarkan esensi kodrat penciptanya, malaikat tidak mempunyai hawa nafsu sebagaimana golongan jin atau makhluk manusia. Atas dasar ini, selain mereka tidak pernah mangadakan pembangkangan sebab tak punya nafsu untuk itu, para malaikat pun tidak memerlukan kebutuhan-kebutuhan materi hidup layaknya makhluk yang bernafsu. Malaikat tak butuh makanan, minuman, tidak butuh tidur dan tidak menginginkan pernikahan. Tidak seperti manusia yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, malaikat tidak terbagi dalam laki-laki dan perempuan. Malaikat adalah salah satu makhluk halus yang jasmaniahnya tidak terlihat, tak terdengar, tak terraba, tak tercium dan tak terasa oleh indera manusia. Mereka hidup dalam satu alam yang berbeda dengan alam yang kita diami saat ini. Karena alam yang beda inilah manusia tak mampu melihatnya. Namun demikian babarapa hadist bahkan dalam Al-Quran sendiri pernah menjelaskan bahwa wujud malaikat adalah sebagai makhluk “Yang bersayap”. Dalam surat Al-Fathir ayat 1, misalnya Allah menjelaskan tentang wujud malaikat sebagai berikut:

“Segenap puji bagi Allah, Maha Pencipta langit dan bumi, yang membuat malaikat sebagai utusan-utusan yang mempunyai sayap-sayap, ada yang dua, tiga atau empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang di kehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah itu adalah Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS.Al-Fathir:1)

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadist dari Ibnu Mas’ud:

“Rasulullah SAW melihat Jibril dan ia mempunyai enam buah sayap”

Sebagai makhluk yang ghaib bagi manusia, sesekali malaikat pernah menampakan wujud lain dari wujud aslinya. Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa malaikat pernah turun ke bumi dengan mengubah bentuk aslinya menjadi manusia. Dalam surat Maryam ayat 16 dan 17, misalnya dikisahkan bahwa malaikat mengubah bentuk menjadi seorang lelaki menemui Maryam untuk memberikan sebuah kabar bahwa dia akan di anugerahi seorang anak.

Selain datang kepada Maryam, malaikat juga pernah datang kepada Nabi Ibrahim. Malaikat menjelma sebagai manusia dan membawa kabar gembira kepadanya. Bahkan saat itu Ibrahim pun menyuguhi malaikat tersebut dengan sebuah hidangan. Kisah ini pun tercantum dalam Al-Quran surat Hud ayat 69-73.

Itulah malaikat secara kwantitatif jumlah mereka sebenarnya sangat banyak, bahkan melebihi jumlah manusia di seluruh dunia ini. Namun sebagaimana seruan iman terhadap mereka, hanya ada 10 Malaikat yang wajib diketahui dimana ke-10 dari mereka itu mempunyai tugas masing-masing yang terus mereka emban hingga datangnya hari kiamat kelak. Ke-10 Malaikat dengan tugas masing-masing adalah:

  1. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu.
  2. Malaikat Mikail bertugas member rizki.
  3. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa.
  4. Malaikat Izrafil bertugas meniup terompet hari kiamat.
  5. Malaikat Mungkar dan
  6. Malaikat Nakir yang keduanya bertugas memberikan pertanyaan kepada manusia di dalam kubur.
  7. Malaikat Rakib bertugas menulis amal baik.
  8. Malaikat Atit bertugas menulis amal jelek.
  9. Malaikat Ridwan bertugas menjaga surge.
  10. Malaikat Malik bertugas menjaga neraka.

Itulah 10 malaikat yang wajib di ketahui. Pengetahuan terhadap keberadaan 10 malaikat secara khusus dan terhadap keberadaan semua malaikat secara umum adalah merupakan rukun iman. Kita wajib percaya bahwa malaikat benar-benar ada dengan tugas dan tanggung jawab yang mereka emban masing-masing.

Malaikat, sebagaimana yang dijelaskan Al-Quran adalah makhluk ghaib yang paling taat. Makhluk ini selalu berbakti kepada Allah, dan tunduk atas kekuasaan serta keagunganNya, melaksanakan semua perintahNya, selalu menjauhi semua laranganNya dan senantiasa menjalankan tugas-tugas yang telah di amanahkan kepada mereka. Malaikat tidak pernah membangkang atas semua tugas yang mereka emban, sebab mereka tidak mempunyai nafsu, termasuk nafsu untuk membangkang terhadapNya.

Sebagai makhluk yang di takdirkan menjadi pembantu Allah, malaikat selalu mengatur kerajaan Allah sesuai dengan kehendak dan perintahNya. Dalam menjalankan tugasnya, malaikat tidak pernah melakukan sesuatu atas dasar kemauannya sendiri. Mereka tidak pernah melanggar perintah, sebaliknya mereka selalu berjalan dan bertindak sesuai dengan titahNya tanpa mengurangi atau menambahinya. Semua perintah itu mereka lakukan secara terus-menerus tanpa henti hingga datangnya hari kiamat nanti. Al-Quran mengisahkan bagaimana ketaatan para malaikat itu:

“Malaikat itu takut kepada Tuhannya yang berkuasa di atas mereka dan (mereka) mengerjakan apa saja yang di perintahkan”. (QS.An-Nahl:50)

Ayat lain menjelaskan:

“Bahkan malaikat itu adalah para hamba Allah yang di muliakan, Mereka tidak mendahului Allah dengan perkataan dan mereka mengerjakan sesuai dengan perintahNya. Allah mengetahui apa yang ada dihadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka juga tidak dapat memberikan pertolongan, melainkan kepada orang-orang yang di sukai oleh Allah dan mereka itupun selalu berhati-hati karena takut kepadaNya”. (QS.Al-Anbiya’:26-28)

Dan firmanNya lagi:

“Malaikat itu tidak bermaksiat kepada Allah mengenai apa yang di perintahkan olehNya kepada mereka dan tentu mengerjakan apa-apa yang di perintahkan”. (QS.Tahrim:6)

Itulah makhluk ghaib yang bernama malaikat. Rasa takut mereka terhadap Allah telah menjadikan makhluk ini begitu tunduk dan patuh terhadap semua perintahNya. Selama hidup, malaikat tak pernah sekalipun melakukan pembangkangan apalagi pengingkaran terhadap Tuhan.

Demikian pemahaman tentang ”Hakikat Malaikat” semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jadilah manusia yang berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.
Artikel terkait…
Seruan beriman kepada yang ghaib
Lebih jauh tentang Malaikat dan Iblis
Iblis tidak berdaya dihadapan orang yang ikhlas
Cara iblis menggoda
Iblis dibantu oleh 70.000 anak-anaknya
Iblis lebih takut kepada orang yang berilmu dibending ahli ibadah
Iblis yang mengaku sebagai Tuhan
Bentuk asli malaikat Jibril
Anak iblis paling berbahaya
Jin lebih bodoh daripada Manusia
Image Photo Video Event Media Home
KISAH – Banyak kisah-kisah menarik yang terlewati begitu saja tanpa kita ketahui apa dan bagaimana sejarah itu berasal, legenda masa silam yang dulu pernah kita dengar, mungkin salah satunya masih dapat anda ikuti disini.

Lanjutkan membaca…
BAHAYA NARKOBA – Pengertian tentang Narkoba itu memang perlu, tujuannya agar generasi muda kita tak terjebak dalam lingkaran berbahaya ini, kita di tuntut memberi penjelasan tentang bahaya Narkoba yang mengancam teman-teman kita, anak-anak kita, saudara-saudara kita dan keluarga kita. Untuk lebih jelas lagi tentang bahaya Narkoba, mari kita lihat disini.

Lanjutkan membaca…
INDUSTRI LOGAM – Tegal merupakan salah satu kota industri yang mampu bersaing dengan kota-kota besar lainnya, meskipun kota ini kecil tapi memiliki hasil karyanya yang sangat hebat. Hampir sebagian besar produksi dalam negri itu berasal dari Tegal, apa saja karya terbaik anak negri ini. Yuk kita tengok saja halamannya disini.
Lanjutkan membaca…
PINTU HIDAYAH – Setiap orang memiliki jalan cerita sendiri, baik cerita masa lalu yang kelam atau jalan hidup yang gelap. Namun pintu hidayah akan selalu ada bila kita menyadari arti hidup yang sebenarnya, berikut adalah beberapa kisah menarik yang dapat anda simak tentang orang-orang yang mendapat hidayah. Mari kita buka pintu hidayah itu.
Lanjutkan membaca…
APLIKASI – Apabila anda pengguna jejaring sosial facebook, mungkin pernah lihat beberapa teman yang bisa update melalui berbagai macam aplikasi, salah satu contohnya “Melalui BlackBerry” atau yang lainnya, Nah…untuk bisa seperti itu anda tak perlu repot membeli barang yang mahal, karena saya punya caranya buat anda. Yuk kita menuju halaman itu…

Lanjutkan membaca…
TIPS dan  TRIK – Anda yang masih kebingungan mencari solusi permasalahan yang anda alami, semoga cepat teratasi dengan baik, atau jika anda masih bingung karena tak ada yang mengerti tentang anda, mari kita tengok ke halaman ini, mungkinkah ada cara terbaik untuk anda jalani di halaman ini.

Lanjutkan membaca…

TENTANG ANAK – Taukah anda permasalahan tentang anak, jangan anggap gampang karakter anak yang terkadang juga mengalami stress, anda harus tau solusinya, anda tak boleh sembarangan cara menanganinya. Nah, jika anda belum mengerti, mari saya ajak anda mengunjungi halaman yang mengulas tentang anak disini.
Lanjutkan membaca…
KESEHATAN – “Sehat adalah hal yang paling utama dalam hidup ini, maka jagalah kesehatan anda sebaik-baiknya, untuk melihat perkembangan dunia kesehatan anda bisa mengikuti beberapa artikel yang mengulas tentang dunia kesehatan yang ada disini, Yuk kita langsung ke TKP.

Lanjutkan membaca…

TENTANG WANITA – Berbahagia dan bergembiralah anda dengan datangnya kemudahan yang dekat waktunya, pemeliharaan dari Allah, pahala yang besar dan terhapusnya dosa. Pemudi yang menempuh jalan yang haq, dan mengemban misi kebenaran. Jadilah wanita yang paling bahagia.
Lanjutkan membaca…
TEMPAT WISATA – Bersyukurlah kita pada Tuhan Sang Pencipta Alam ini, yang menciptakan pemandangan begitu indah dibumi yang kita singgahi, lihatlah tempat-tempat wisata yang memanjakan mata kita, meskipun kita belum pernah keliling dunia untuk melihat semuanya, tetapi kita dapat melihat sebagian kebesaran Tuhan yang terbaca lewat alam raya ini.

Lanjutkan membaca…
RELIGI – Seseorang yang berjiwa religius memang sangat tentram dalam menjalani hidupnya, hal ini terjadi karena orang tersebut sangat kuat imannya. Begitu juga dengan kisah-kisah menarik yang bisa dijadikan pelajaran untuk kita, yaitu kisah religi yang sangat menyentuh dan menggetarkan hati. Yuk mari kita ikuti kisah mereka disini. Lanjutkan membaca…

MITOS – Terkadang kita memang tak percaya tentang sesuatu yang tak kasat mata, apalagi hal itu tak pernah kita lihat sama sekali. Namun kita harus percaya bahwa Tuhan menciptakan mahluk hidup bukan hanya yang berwujud manusia saja, ada juga mahluk Tuhan yang memang tak kasat mata, apa dan bagaimanakah penampakannya. Mari kita jelaskan disini.

Lanjutkan membaca…

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *