Fase-fase Perkembangan Balita

Selamat datang di rumah kecil saya ini, semoga anda senang berada di rumah yang sederhana ini, doa saya semoga anda selalu dalam keadaan baik-baik saja, sehat dan bahagia, mari kita lanjutkan membaca isi halaman ini.
مرحبا بكم في بيتي الصغير، قد سعيدة ليكون المنزل هذا بسيط، وآمل صلاتك هي دائما في حالة من غرامة وصحية وسعيدة، دعونا نستمر في قراءة محتوى هذه الصفحة.
Welcome to my little house, may you happy to be home this simple, I hope your prayers are always in a state of fine, healthy and happy, let’s continue to read the content of this page.

Fase-fase Perkembangan Balita

 Masa balita merupakan masa emas, terutama 3 tahun pertama, karena pada masa ini terjadi terjadi perkembangan synoptogenesis (pembentukan hubungan antar sel otak) yang optimal, sehingga perlu diberi rangsangan yang adekuat (cukup dan tepat) untuk tumbuh kembang si anak. Adapun fase perkembangan anak tersebut yakni:

fase-perkembangan-remaja

  1. Fase basic trust vs mistrust (usia 0-1,5 tahun)
    Pada fase ini bayi mutlak bergantung pada orang lain, ia perlu dibantu untuk mempertahankan hidupnya dalam lingkungan yang serba tidak menentu dan asing, ia harus dilindungi untuk memperoleh “rasa aman” atau semacam rasa percaya pada lingkungan barunya. Rasa akan “keamanan dan kepercayaan” ini sangat penting dan akan menjadi dasar hubungannya dengan lingkungan dikemudian hari. Oleh karenanya diperlukan pengelolaan fisik yang menyenangkan dan sedikit mungkin pengalaman.
  1. Fase autonomy vs shame and doubt (usia 1,5-3 tahun)
    Dengan bertambah matangnya alat gerak dan rasa kemapanan diri, anak akan mulai menyadari bahwa gerakan badannya dapat di atur sendiri, dikuasai dan digunakan untuk sesuatu maksud yang di dasari adanya rasa aman dan percaya diri. Pada fase ini anak lebih mementingkan diri sendiri dan tidak peduli terhadap orang lain. Anak perlu dibantu oleh orang lain dengan sikap tegas, menenangkan serta menentramkan. Gangguan dalam tercapainya rasa otonomi diri akan berakibat bahwa anak akan dikuasai rasa malu dan ragu-ragu.
  1. Fase inisiative vs guilt (usia 3-6 tahun)
    Pada fase ini anak akan mulai belajar mengendalikan diri serta memanipulasi lingkungan. Setelah dasar-dasar rasa percaya diri dan otonomi, anak seolah-olah siap untuk meluaskan lingkup geraknya dari dunia disekitarnya. Hal tersebut dikuatkan pula dengan meningkatnya kemampuan bahasa dan kemampuan geraknya. Pada fase ini, umumnya si anak memiliki rasa ingin tau, bertanya macam-macam, menirukan aktivitas disekitarnya dan melakukan suatu tugas tertentu seolah untuk mendapatkan rasa kebiasaan diri. Pada fase ini tokoh ayah mulai berperan penting bagi anak, kedua orang tua harus bekerja sama untuk membantu perkembangan ini, peranan orang tua sebagai ayah dan ibu penting untuk memberikan kemantapan dalam identitas diri anak, membentuk pola peranan seksual yang menyiapkan anak ke arah kematangan seksual yang wajar, serta melatih anak ke arah integrasi peranan-peranan social dan tanggung jawab social yang wajar dikemudian hari.
  1. Fase industry vs inferiority (6-12 tahun)
    Pada fase ini anak mampu untuk menghadapi dan menyelasaikan tugas / perbuatan yang berarti kemampuan menghasilkan sesuatu merupakan dorongan utama dalam dirinya. Anak siap meninggalkan orang tua / rumah dalam waktu terbatas untuk menuntut ilmu, belajar di sekolah. Gangguan pada fase ini adalah yang menghambat tercapainya rasa mantap, kepuasan akan kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu akan mengakibatkan anak diliputi rasa kekurangan diri ataupun rasa tidak mampu untuk melakukan sesuatu.
  1. Fase identity vs role diffusion (12-18 tahun)
    Merupakan fase terakhir fase anak sebelum memasuki masa dewasa. Dalam masa menuju kedewasaan, remaja mengalami perubahan fisik dan kejiwaan yang penting. Remaja di satu pihak dianggap sudah mampu menguasai dan meninggalkan berbagai masalah anak-anak, untuk siap memasuki kedewasaan. Secara biologis remaja memiliki kemampuan orang dewasa, namun secara psikososial mereka belum mendapatkan hak untuk menggunakan kemampuannya itu. Mereka sering bertanya “siapa aku ini”, “apa aku ini”, “apa jadinya aku nanti”.

Hal tersebut merupakan hal yang pokok dan cerminan problem identitas diri. Mereka berusaha mencari identitas di bidang seksual, umur dan okupasional. Mereka bereksperimen dengan berbagai pola identitas alternatif  lainnya, sebelum ia dengan lebih pasti dapat menentukan pilihan.  Sehingga sering terjadi krisis identitas pada akhir masa remaja. Stress pada anak (terutama balita) seringkali tidak dikenal oleh orang tuanya. Keadaan stress pada anak dapat digambarkan dengan keadaan si anak seperti sakit-sakitan, cengeng / rewel atau di cap anak nakal / bandel bila tingkah lakunya tidak sesuai dengan norma atau aturan. Sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk dapat secara dini menangani permasalahan pada anak yang nantinya akan mungkin menimbulkan stress pada anak tersebut.

Dengan demikian, merupakan hal yang tidak kalah penting bagi orang tua untuk lebih memperhatikan perkembangan si anak dan juga pengenalan stress pada anak sejak dini, sehingga stress yang terjadi pada anak dapat segera di tangani, karena bila di atasi secara tepat, tepat dan benar akan mempengaruhi perkembangan jiwa anak selanjutnya.

Demikianlah penjelasan tentang ”Fase-fase perkembangan balita” semoga artikel ini berguna bagi kelangsungan hidup anak anda, jadilah orang tua yang pandai memahami kondisi anaknya, agar bisa berguna bagi Agama, Nusa dan Bangsa.
Artikel terkait…
Tanda dan gejala stres pada anak
Akibat stress
Penyebab anak malas belajar
Solusi jika anak suka marah
Menuntaskan kebiasaan malas belajar
Faktor penting yang mempengaruhi anak di kehidupan nyata
Mengatasi anak susah makan
Masalah anak yang bikin orang tua ketar-ketir
Menyelamatkan anak dari bahaya rokok
Image Photo Video Event Media Home
KESEHATAN – “Sehat adalah hal yang paling utama dalam hidup ini, maka jagalah kesehatan anda sebaik-baiknya, untuk melihat perkembangan dunia kesehatan anda bisa mengikuti beberapa artikel yang mengulas tentang dunia kesehatan yang ada disini, Yuk kita langsung ke TKP.

Lanjutkan membaca…

TENTANG WANITA – Berbahagia dan bergembiralah anda dengan datangnya kemudahan yang dekat waktunya, pemeliharaan dari Allah, pahala yang besar dan terhapusnya dosa. Pemudi yang menempuh jalan yang haq, dan mengemban misi kebenaran. Jadilah wanita yang paling bahagia.
Lanjutkan membaca…
TEMPAT WISATA – Bersyukurlah kita pada Tuhan Sang Pencipta Alam ini, yang menciptakan pemandangan begitu indah dibumi yang kita singgahi, lihatlah tempat-tempat wisata yang memanjakan mata kita, meskipun kita belum pernah keliling dunia untuk melihat semuanya, tetapi kita dapat melihat sebagian kebesaran Tuhan yang terbaca lewat alam raya ini.

Lanjutkan membaca…
RELIGI – Seseorang yang berjiwa religius memang sangat tentram dalam menjalani hidupnya, hal ini terjadi karena orang tersebut sangat kuat imannya. Begitu juga dengan kisah-kisah menarik yang bisa dijadikan pelajaran untuk kita, yaitu kisah religi yang sangat menyentuh dan menggetarkan hati. Yuk mari kita ikuti kisah mereka disini. Lanjutkan membaca…

MITOS – Terkadang kita memang tak percaya tentang sesuatu yang tak kasat mata, apalagi hal itu tak pernah kita lihat sama sekali. Namun kita harus percaya bahwa Tuhan menciptakan mahluk hidup bukan hanya yang berwujud manusia saja, ada juga mahluk Tuhan yang memang tak kasat mata, apa dan bagaimanakah penampakannya. Mari kita jelaskan disini.

Lanjutkan membaca…
KISAH – Banyak kisah-kisah menarik yang terlewati begitu saja tanpa kita ketahui apa dan bagaimana sejarah itu berasal, legenda masa silam yang dulu pernah kita dengar, mungkin salah satunya masih dapat anda ikuti disini.

Lanjutkan membaca…
BAHAYA NARKOBA – Pengertian tentang Narkoba itu memang perlu, tujuannya agar generasi muda kita tak terjebak dalam lingkaran berbahaya ini, kita di tuntut memberi penjelasan tentang bahaya Narkoba yang mengancam teman-teman kita, anak-anak kita, saudara-saudara kita dan keluarga kita. Untuk lebih jelas lagi tentang bahaya Narkoba, mari kita lihat disini.

Lanjutkan membaca…
INDUSTRI LOGAM – Tegal merupakan salah satu kota industri yang mampu bersaing dengan kota-kota besar lainnya, meskipun kota ini kecil tapi memiliki hasil karyanya yang sangat hebat. Hampir sebagian besar produksi dalam negri itu berasal dari Tegal, apa saja karya terbaik anak negri ini. Yuk kita tengok saja halamannya disini.
Lanjutkan membaca…
PINTU HIDAYAH – Setiap orang memiliki jalan cerita sendiri, baik cerita masa lalu yang kelam atau jalan hidup yang gelap. Namun pintu hidayah akan selalu ada bila kita menyadari arti hidup yang sebenarnya, berikut adalah beberapa kisah menarik yang dapat anda simak tentang orang-orang yang mendapat hidayah. Mari kita buka pintu hidayah itu.
Lanjutkan membaca…
APLIKASI – Apabila anda pengguna jejaring sosial facebook, mungkin pernah lihat beberapa teman yang bisa update melalui berbagai macam aplikasi, salah satu contohnya “Melalui BlackBerry” atau yang lainnya, Nah…untuk bisa seperti itu anda tak perlu repot membeli barang yang mahal, karena saya punya caranya buat anda. Yuk kita menuju halaman itu…

Lanjutkan membaca…
TIPS dan  TRIK – Anda yang masih kebingungan mencari solusi permasalahan yang anda alami, semoga cepat teratasi dengan baik, atau jika anda masih bingung karena tak ada yang mengerti tentang anda, mari kita tengok ke halaman ini, mungkinkah ada cara terbaik untuk anda jalani di halaman ini.

Lanjutkan membaca…

TENTANG ANAK – Taukah anda permasalahan tentang anak, jangan anggap gampang karakter anak yang terkadang juga mengalami stress, anda harus tau solusinya, anda tak boleh sembarangan cara menanganinya. Nah, jika anda belum mengerti, mari saya ajak anda mengunjungi halaman yang mengulas tentang anak disini.
Lanjutkan membaca…

Mitra Kami

am production
Mari jadikan segalanya lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan ada dalam website sederhana kami, masih banyak artikel menarik lain yang belum sempat kami unggah disini, pastikan anda tetap mengikuti perkembangan terbaru halaman ini, catat dan simpan alamat website ini agar anda mudah mencari kami…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *